MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) DI KELAS IV SDN PISANGAN TIMUR 07 PAGI JAKARTA TIMUR

ALEX SYANDRA, . (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) DI KELAS IV SDN PISANGAN TIMUR 07 PAGI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
DAFTAR IS1 IPS.pdf

Download (453kB)
[img] Text
revisi bab V.pdf

Download (362kB)
[img] Text
LEMBAR PENGAMATAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[img] Text
REVISI BAB III.pdf

Download (767kB)
[img] Text
REVISI BAB IV.pdf

Download (961kB)
[img] Text
REVISI BAB I.pdf

Download (391kB)
[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (16kB)
[img] Text
INSTRUMEN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB)
[img] Text
REVISI BAB II.pdf

Download (574kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empirik hasil belajar IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) tentang Perkembangan Teknologi Transportasi pada siswa kelas IV SDN Pisangan Timur 07 Pagi Jakarta Timur, melalui metode Cooperative Learning tipe STAD. Penelitian dilaksanakan di SDN Pisangan Timur 07 Pagi Jalan Pisangan Lama Dalam I Pulogadung, Jakarta Timur dengan subyek penelitian adalah siswa kelas IV pada semester I tahun pelajaran 2011- 2012. Penelitian tindakan dilaksanakan dengan menggunakan model spiral atau siklus model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian Tindakan Kelas dengan melalui tahapan perencanan, pelaksanaan tindakan, pemantauan atau observasi, memberikan refleksi dan evaluasi sebagai dasar untuk perencanaan ulang pada siklus berikutnya. Hasil yang diperoleh dari setiap siklus adalah sebagai berikut: siklus I siswa yang mendapat nilai diatas 62 pada pelajaran IPS 65%. Selanjutnya pada siklus II lebih meningkat lagi dengan nilai 85%. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa Metode Cooperative Learning Tipe STAD dapat dijadikan salah satu cara dalam peningkatan hasil belajar IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Karena dengan Metode Cooperative Learning Tipe STAD siswa menjadi aktif, kreatif, efektif dan senang dalam belajar. ******** The purpose of study was to obtain empirical database to study the results of the social sciences on development of technologi on student grade IV transportation state primary school Pisangan Timur 07 Pagi Jakarta Timur. Through the STAD method of cooperative Learning techniques. Research conducted in the upper Elementary school Pisangan Timur 07 Pagi on Jl. Pisangan Lama Dalam I Pulogadung, Jakarta Timur with research subjects are students of class IV in the 1st semester of academic year 2011-2012. This action research was conducted using a spiral or cycle model and Mc. Taggart Kemmis model. Classroom action research through the stages of planning, implementation actions, monitoring or observation, provide reflection and evaluation as basic for planning on the next cycle. Result obtained from each cycle are as follow: cycle 1 Students who scored above 62 on the lesson of social science 65%. Later in the second cycle is increased again with a value of 85%. The implications of this research is that the STAD method of cooperative learning techniques can be used as one way to improve learning outcomes of social science at the elementary school fourth grade students. Due to the method of cooperative learning STAD engineering students become active, creative, effective and fun in learning

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ajat Sudrajat, M.Pd; 2). Dr. MS. Sumantri, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2022 06:54
Last Modified: 07 Sep 2022 06:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35237

Actions (login required)

View Item View Item