PENGARUH MINAT MENJADI GURU, EFIKASI DIRI, DAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU (Studi Pada Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan di Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta)

DIAN MEGA SEPTIANTI, . (2022) PENGARUH MINAT MENJADI GURU, EFIKASI DIRI, DAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU (Studi Pada Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan di Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (575kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (235kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji tentang pengaruh minat menjadi guru, efikasi diri, dan praktik pengalaman lapangan terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa prodi S1 pendidikan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif dengan menggunakan data primer. Teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner/angket. Pendekatan pada penelitisn ini dengan pendekatan simple random sampling. Jumlah sampel sebanyak 167 orang dari 315 orang (populasi). Hasil uji persyaratan analisis menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan memiliki hubungan yang liniear. Berdasarkan uji parsial (uji t) dapat disimpulkan bahwa minat menjadi guru berpengaruh positif dan signikan terhadap kesiapan menjadi guru, efikasi diri berpengaruh positif dan signikan terhadap kesiapan menjadi guru, dan praktik pengalaman lapangan tidak berpengaruh terhadap kesiapan menjadi guru. Sedangkan uji koefisien regresi secara bersama-sama (uji F) menunjukkan bahwa minat menjadi guru, efikasi diri, dan praktik pengalaman lapangan berpengaruh terhadap kesiapan menjadi guru dan uji koefisien determinasi (R2) menunjukan R square memiliki nilai adalah 0,532. Hal ini dapat disimpulkan bahwa besarnya pengaruh variabel minat menjadi guru, efikasi diri, dan praktik pengalaman lapangan terhadap kesiapan menjadi guru adalah sebesar 53,2%. Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah minat menjadi guru, efikasi diri, dan praktik pengalaman lapangan menjadi indikator kesiapan menjadi guru, indikator minat menjadi guru, efikasi diri, dan praktik pengalaman lapangan dapat digunakan oleh mahasiswa untuk kesiapan mahasiswa ketika menjadi guru. Kata kunci: Minat menjadi guru, Efikasi diri, Praktik pengalaman lapangan, Kesiapan menjadi guru. This study aims to examine the effect of interest in becoming a teacher, self-efficacy, and practice of field experience on readiness to become a teacher in undergraduate education study program students at the Faculty of Economics, State University of Jakarta. The research method used is descriptive quantitative method using primary data. The data collection technique uses a questionnaire/questionnaire. The approach in this research is a simple random sampling approach. The number of samples is 167 people from 315 people (population). The results of the requirements analysis test showed that the data were normally distributed and had a linear relationship. Based on the partial test (t test) it can be concluded that interest in becoming a teacher has a positive and significant effect on readiness to become a teacher, self-efficacy has a positive and significant effect on readiness to become a teacher, and the practice of field experience has no effect on readiness to become a teacher. While the joint regression coefficient test (F test) shows that interest in being a teacher, self-efficacy, and field experience practice affect the readiness to become a teacher and the coefficient of determination test (R2) shows that R square has a value of 0.532. It can be concluded that the magnitude of the influence of the variables of interest in becoming a teacher, self-efficacy, and practice of field experience on readiness to become a teacher is 53.2%. The conclusions that can be drawn in this study are interest in becoming a teacher, self-efficacy, and field experience practice as indicators of readiness to become a teacher, indicators of interest in becoming a teacher, self-efficacy, and field experience practice can be used by students for student readiness when becoming a teacher. Keywords: Interest in becoming a teacher, Self-efficacy, Practice of field experience, Readiness to become a teacher.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Sri Zulaihati, M.Si. 2). Dr. Achmad Fauzis, S.Pd., M.Ak.
Subjects: Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 16031 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2022 03:31
Last Modified: 08 Sep 2022 03:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35245

Actions (login required)

View Item View Item