ANALISIS PENGGUNAAN SISTEM LAYANAN INFORMASI 112 UNTUK BENCANA BANJIR DI KELURAHAN KAMPUNG MELAYU, JAKARTA TIMUR

RIZVA NURFADILAH, . (2022) ANALISIS PENGGUNAAN SISTEM LAYANAN INFORMASI 112 UNTUK BENCANA BANJIR DI KELURAHAN KAMPUNG MELAYU, JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (886kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kota Administrasi Jakarta Timur merupakan wilayah yang rawan terjadi banjir serta paling banyak menggunakan layanan Jakarta Siaga 112 berdasarkan tiket panggilan kebencanaan. Salah satu wilayah yang rawan terjadi banjir dengan tingkat keparahan cukup tinggi adalah Kelurahan Kampung Melayu. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui penggunaan sistem layanan informasi 112 untuk bencana banjir di Kelurahan Kampung Melayu, Jakarta Timur. Penelitian ini berfokus pada wilayah rawan bencana banjir Kelurahan Kampung Melayu, Jakarta Timur yakni RW 004, 005, 006, 007, dan 008. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian terdiri dari 2 informan, yakni informan kunci dan informan pendukung. Informan kunci terdiri dari ketua RW 007 dan ketua RT 005/RW 008. Sementara 19 informan pendukung meliputi 4 ketua RW, 9 ketua RT dan 3 orang warga bantaran Ci Liwung di RW 005. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, dokumentasi, dan data sekunder sebagai pelengkap. Sementara teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa penggunaan sistem layanan informasi 112 di masyarakat Kelurahan Kampung Melayu dapat dilihat menjadi tiga kategori yakni ketua RW 007 dan RT 005/RW 008 merupakan masyarakat yang mengetahui layanan Jakarta Siaga 112 dan dapat mengatasi kesulitan ketika banjir, ketua RT 011/RW 005 merupakan masyarakat yang mengetahui layanan tersebut namun tidak dapat mengatasi kesulitan ketika banjir, dan para ketua RW dan RT lainnya merupakan masyarakat yang tidak mengetahui layanan tersebut namun dapat mengatasi kesulitan ketika terjadi banjir. Selain itu, penerapan layanan Jakarta Siaga 112 di masyarakat sudah sesuai dengan SOP dan bermanfaat bagi masyarakat. ***** The Administrative City of East Jakarta is an area prone to flooding and uses the most Jakarta Siaga 112 services based on disaster call tickets. One of the areas that is prone to flooding with a fairly high severity is Kampung Melayu Village. This study was conducted with the aim of knowing the use of the 112 information service system for flood disasters in Kampung Melayu Village, East Jakarta. This research focuses on flood-prone areas of Kampung Melayu Village, East Jakarta, namely RW 004, 005, 006, 007, 008. The research method used is descriptive qualitative with the research subject consisting of 2 informants, namely key informants and supporting informants. The key informants consisted of the chairman of RW 007 and the chairman of RT 005/RW 008. Meanwhile, 19 supporting informants included 12 RT leaders and 3 residents of the Ci Liwung bank in RW 005. Data collection techniques in this study are interviews, documentation, and secondary data as a complement. Meanwhile, the data analysis techniques in this study are data reduction, data presentation, and data verification. This study obtained the results that the use of the 112 information service system in the kampung melayu village community can be seen into three categories, namely the chairman of RW 007 and RT 005 / RW 008 is a community who knows the services of Jakarta Siaga 112 and can overcome difficulties when flooding, the chairman of RT 011 / RW 005 is a community who knows these services but cannot overcome difficulties when flooding, and other RW and RT chairmen are people who are unaware of the service but can overcome difficulties when there is flooding. In addition, the implementation of the Jakarta Siaga 112 service in the community is in accordance with the SOP and is beneficial to the community.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Sucahyanto, M.Si 2). Dra. Dwi Sukanti Lestariningsih, M.Si
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 15149 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2022 03:02
Last Modified: 08 Sep 2022 03:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35313

Actions (login required)

View Item View Item