BAHASA GURU UNTUK MEMBANGUN BAHASA INGGRIS LISAN SISWA SUATU ANALISIS WACANA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SMP

ADNA HERARASTI, . (2013) BAHASA GURU UNTUK MEMBANGUN BAHASA INGGRIS LISAN SISWA SUATU ANALISIS WACANA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SMP. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (162kB)
[img] Text
Chapter III.pdf

Download (144kB)
[img] Text
Chapter II.pdf

Download (176kB)
[img] Text
Chapter IV.pdf

Download (286kB)
[img] Text
Chapter V.pdf

Download (152kB)
[img] Text
Chapter I.pdf

Download (118kB)

Abstract

Bahasa guru memiliki peranan penting dalam mengembangkan kemampuan berbahasa siswa dalam konteks belajar Bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Salah satu fungsi bahasa guru yang digunakan dalam interaksi di kelas yaitu menuntun siswa untuk berbicara menggunakan bahasanya sendiri dan juga membangun kecakapan lisan menggunakan bahasa Inggris. Lee (2005) menemukan bahwa guru menggunakan pertanyaan dalam menuntun siswa mengungkapkan pendapatnya. Mengungkapkan pendapat merupakan salah satu kegiatan berbahasa yang ditekankan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) untuk dapat mengungkapkan pendapatnya di kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bahasa guru yang berfungsi dalam membangun Bahasa Inggris lisan siswa. Interaksi guru dan siswa dalam belajar bahasa Inggris di kelas sebagai sumber data dalam penelitian ini. Initiation, Response, Followed Up (IRF) yang diajukan Sinclair & Coulthard digunakan untuk menghitung frekuensi giliran berbicara baik guru dan siswa, dan fungsi interpersonal dari Halliday digunakan untuk mengidentifikasi maksud dan fungsi pembicaraan. Meta-komunikasi yang diajukan Stubbs digunakan untuk mengidentifikasi jenis-jenis ujaran guru. Hasil analisis ditemukan bahwa dari 336 ujaran guru di kelas, terdapat 216 ujaran yang memiliki fungsi membangun bahasa Inggris lisan siswa. Ungkapan membangun yang banyak muncul yaitu pertanyaan, perintah, dan feedback. Namun demikian, dari kajian lebih jauh dalam identifikasi maksud dan fungsi pembicaraan dari ujaran guru ditemukan Question 63% dan Statement 26%, Command 11%, Offer 0%. Begitu juga dari kajian lebih jauh dalam identifikasi jenis-jenis pembicaraan dari ujaran guru ditemukan Editing 22%, Checking/ Confirming Understanding 21%, Defining 18%, Summarizing 16%, Attracting or Showing Attention 11%, Controlling the Amount of Speech 7%, Specifying Topic 3%, Correcting 2%. ***** Teacher’s language plays an important role in developing students’ language, especially in the context of learning English as Foreign language (EFL). One of teacher’s classroom language function is to develop students’ spoken English. Lee (2005) investigated that teacher’s used questions to make students able to express their ideas or opinion in spoken English. Students’ ability to express their ideas or opinion is one of the big concerns to be learnt among Junior High School students. This research was aimed at identifying the teacher’s language functioned to develop students’ spoken English. The interaction between the teacher and students during English learning in the classroom were used as the data source in this study. Initiation, Response, and Followed Up proposed by Sinclair and Coulthard were used to calculate the frequency. Teacher’s and students’ moves in the classroom interactions and interpersonal functions were analyzed by using Halliday’s interpersonal functions to identify the purpose and functions of the utterances. Kinds of teacher’s utterances were analyzed by using Stubbs’ meta-communication to identify kinds of the utterances. The result showed that 336 utterances; there were 216 utterances that functioned to develop students’ spoken English. The teacher’s utterances were dominated by questions, command, and feedback. However, the identification of purpose and functions of teacher’s utterances were found Question 63%, Statement 26%, Command 11%, and Offer 0%. The identification kinds of teacher’s utterances were found Editing 22%, Checking/ Confirming Understanding 21%, Defining 18%, Summarizing 16%, Attracting or Showing Attention 11%, Controlling the Amount of Speech 7%, Specifying Topic 3%, Correcting 2%

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2022 02:42
Last Modified: 08 Sep 2022 02:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35340

Actions (login required)

View Item View Item