PENGEMBANGAN INFOGRAFIS SEBAGAI UPAYA MEMBANGUN BRAND RECOGNITION PROFIL LULUSAN PROGRAM STUDI S1 TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

MAHDI SETIYADIN, . (2022) PENGEMBANGAN INFOGRAFIS SEBAGAI UPAYA MEMBANGUN BRAND RECOGNITION PROFIL LULUSAN PROGRAM STUDI S1 TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (961kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (685kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (996kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (369kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tingkat kesadaran dari para stakeholder terutama siswa SMA/sederajat terhadap merek dari Program Studi S1 Teknologi Pendidikan UNJ tergolong masih rendah atau berada pada tahap unaware of a brand. Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan infografis sebagai upaya membangun brand recognition profil lulusan Program Studi S1 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta yang sesuai dengan kebutuhan dan mengetahui tingkat kelayakannya. Model pengembangan yang digunakan adalah model Rapid Prototyping yang mencakup 5 tahapan yaitu Assess Needs and Analyze Content, Set Objectives, Construct Prototype, Utilize Prototype, dan Install & Maintain System. Evaluasi pada pengembangan dilakukan melalui expert review, one to one, small group, dan field tes untuk mengetahui pengetahuan pengguna setelah menggunakan produk. Evaluasi melibatkan 1 ahli media, 1 ahli materi, dan anak SMA/sederajat selaku pengguna. Nilai rata-rata yang diperoleh dari ahli media adalah 3,68 (sangat baik), dari ahli materi memperoleh 3,57 (sangat baik). Pada tahap one to one, nilai rata-rata yang diperoleh adalah 3,46 (sangat baik). Pada tahap small group, nilai rata-rata yang diperoleh adalah 3,52 (sangat baik). Sedangkan pada tahap field tes yang dilakukan dengan memberikan pertanyaan setelah menggunakan infografis, diketahui bahwa sebagian besar pengguna dapat menjawab dengan baik dan menunjukan ketertarikan atau minat terhadap Program Studi S1 TP UNJ. Berdasarkan hasil tersebut, dapat diketahui bahwa produk telah memiliki kualitas media yang layak digunakan. ***** The level of awareness of stakeholders, especially high school students/equivalent to the brand of the UNJ Education Technology S1 Study Program is still low or is at the stage of unaware of a brand. This development aims to produce infographics as an effort to build brand recognition profiles for graduates of the S1 Educational Technology Study Program, State University of Jakarta that are in accordance with the needs and determine the level of feasibility. The development model used is the Rapid Prototyping model which includes 5 stages, namely Assess Needs and Analyze Content, Set Objectives, Construct Prototype, Utilize Prototype, and Install & Maintain System. Evaluation on development is carried out through expert reviews, one to one, small groups, and field tests to determine user knowledge after using the product. The evaluation involved 1 media expert, 1 material expert, and highschool students/equivalent as users. The average score obtained from media experts is 3.68 (very good), from material experts it is 3.57 (very good). In the one to one stage, the average score obtained is 3.46 (very good). In the small group stage, the average score obtained was 3.52 (very good). Meanwhile, at the field test stage, which was conducted by asking questions after using infographics, it was found that most users could answer well and show interest or interest in the UNJ TP S1 Study Program. Based on these results, it can be seen that the product already has media quality that is suitable for use.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Kunto Imbar Nursetyo, M.Pd. ; 2). Retno Widyaningrum, S.Kom, M.M.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 15805 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2022 06:53
Last Modified: 08 Sep 2022 06:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35437

Actions (login required)

View Item View Item