THE INCORPORATION OF CHARACTER-BUILDING VALUES IN MYENGLISHSTEP.COM

MUHAMMAD DIMAS HARTANTO, . (2022) THE INCORPORATION OF CHARACTER-BUILDING VALUES IN MYENGLISHSTEP.COM. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (435kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (754kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (537kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (765kB) | Request a copy

Abstract

This study aims to find the incorporation of Profil Pelajar Pancasila in the learning materials of MyEnglishStep.com which is learning material for Junior High School students. Besides, this study also investigates how Profil Pelajar Pancasila is incorporated into the learning materials of MyEnglishStep.com. This study is a qualitative study with a content analysis method, the data of which are all sourced from learning materials provided for every level on MyEnglishStep.com. The data were analyzed by comparing them with the 19 indicators of Profil Pelajar Pancasila. In total, 230 data fulfill all of 19 indicators and were incorporated into various forms of learning materials such as task instructions, live worksheets, audios, or even videos. The result shows that there were 77 data were incorporate the Dimensi Berpikir Kritis, 59 data were incorporate the Dimensi Gotong Royong, 36 data were incorporate the Dimensi Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia, 32 data were incorporate the Dimensi Mandiri, 13 data were incorporate the Dimensi Kreatif, and 10 data were incorporate the Dimensi Kebhinekaan Global. In addition, mostly Profil Pelajar Pancasila incorporated in MyEnglishStep.com through Task Instruction (98 data), followed by Live Worksheet (63 data), Video (59 data), and Audio (9 data). Besides, MyEnglishStep.com also incorporate Profil Pelajar Pancasila through the lesson plan such as asking the students to pray before the learning section started. ********* Penelitian ini bertujuan untuk melihat relevansi pendidikan karakter Profil Pelajar Pancasila diaplikasikan ke dalam materi pembelajaran digital yang ditujukan kepada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di dalam website MyEnglishStep.com. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menjelaskan bagaimana MyEnglishStep.com menggabungkan Profil Pelajar Pancasila ke dalam materi pembelajaran yang ada di dalamnya. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif dengan menerapkan analisis isi sebagai metode penelitiannya. Data yang diteliti adalah kalimat atau ucapan secara lisan yang ada atau terucap pada materi pembelajaran yang tersedia di dalam MyEnglishStep.com secara keseluruhan, baik untuk kelas 7, 8, ataupun 9. Data dianalisis dengan cara memperhatikan materi mana dan disampaikan dalam bentuk apa yang terindikasi menggabungkan 19 indikator pada Profil Pelajar Pancasila. MyEnglishStep secara jelas menggabungkan Profil Pelajar Pnacasila ke dalam materi pembelajarannya karena 19 indikator terpenuhi dengan data yang berasal dari jenis materi pembelajaran yang beragam. Pada penelitian ini ditemukan bahwa 77 data terinkorporasi dengan Dimensi Berpikir Kritis, 59 data terinkorporasi dengan Dimensi Gotong Royong, 36 data terinkorporasi dengan Dimensi Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia, 32 data terinkorporasi dengan Dimensi Mandiri, 13 data terinkorporasi dengan Dimensi Kreatif, dan 10 data terinkorporasi dengan Dimensi Kebhinekaan Global. Lebih jauh, 98 data disampaikan melalui Task Instruction, 63 data disampaikan melalui Live Worksheet, 59 data disampaikan melalui Video, dan 9 data disampaikan melalui Audio. Di samping itu, MyEnglishStep juga menginkorporasi Profil Pelajar Pancasila melalui Rencana Pembelajarannya seperti meminta para siswa untuk berdoa sebelum pembelajaran dimulai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Imas Wahyu Agustina, M.Pd. ; 2). Prof.Dr. Ilza Mayuni, M.A.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 15726 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2022 05:44
Last Modified: 09 Sep 2022 05:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35448

Actions (login required)

View Item View Item