PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB (PENELITIAN EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS 7 MTS NEGERI 20 JAKARTA)

YAYAH KHOIRIAH, . (2022) PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB (PENELITIAN EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS 7 MTS NEGERI 20 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di MTS Negeri 20 Jakarta secara daring pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan aplikasi Tik Tok terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas 7 MTS Negeri 20 Jakarta atau tidak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas 7 di MTS Negeri 20 Jakarta. Penentuan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik Purposive Sampling, sehingga diperoleh Sampel yaitu sebanyak 20 siswa di kelas 7.2 sebagai Kelas Kontrol, dan sebanyak 20 siswa di kelas 7.3 sebagai Kelas Eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah Tes dalam bentuk Pre-Test dan Post-Test, Observasi untuk memperoleh data sekolah, dan Wawancara kepada guru Bahasa Arab untuk memperoleh data tentang kesulitan dalam pengajaran Bahasa Arab. Analisis data pada penelitian ini menggunakan Uji Normalitas dengan Uji Shapiro-Wilk, Uji Homogenitas dengan Uji F, dan Uji Hipotesis dengan Uji T. Berdasarkan hasil dari data penelitian diperoleh hasil Uji Hipotesis menggunakan Uji T dengan nilai signifikansi 0.046 lebih kecil dari 0.05 (0.046 < 0.05). Dengan demikian, Penggunaan Aplikasi Tik Tok dapat berpengaruh terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas 7 di MTS Negeri 20 Jakarta. **** This research was conducted online at MTSN 20 Jakarta in the odd semester of the 2021/2022 academic year. The purpose of this study was to determine whether there was an effect of using the Tik Tok application on Arabic vocabulary mastery of 7th grade students of MTSN 20 Jakarta or not. The method used in this research is the experimental method. The population in this study were 7th grade students at MTSN 20 Jakarta. Determination of the sample in this study using purposive sampling technique, in order to obtain a sample of 20 students in class 7.2 as the control class, and as many as 20 students in class 7.3 as the experimental class. Data collection techniques used in this study were Tests with Pre-test and Post-test, and Observation to obtain school data, and Interviews with Arabic teachers to obtain data about difficulties in teaching Arabic. Analysis of the data in this study using the Normality Test with the Saphiro-Wilk Test, Homogeneity Test with F Test, and Hypothesis Testing with T Test with a significance value of 0.046 smaller than 0.05 (0.046 < 0.05). So, The use of the Tik Tok application can to affect the vocabulary mastery of grade 7 students at MTSN 20 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Siti Jubaidah, M. A. ; 2). Ihwan Rahman Bahtiar, M. Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 15662 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2022 02:36
Last Modified: 13 Sep 2022 02:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35466

Actions (login required)

View Item View Item