ANALISA PENGGUNAAN APLIKASI BANDLAB TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SENI MUSIK PADA SISWA KELAS VII DI SMPN 24 JAKARTA

SITI PUJAWATI NURMALASARI, . (2022) ANALISA PENGGUNAAN APLIKASI BANDLAB TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SENI MUSIK PADA SISWA KELAS VII DI SMPN 24 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (949kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (512kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (884kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (600kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB) | Request a copy

Abstract

Analisa Penggunaan Aplikasi Bandlab Terhadap Motivasi Belajar Seni Musik Pada Siswa Kelas VII di SMPN 24 Jakarta. Tujuan penelitian ini adalah pertama untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan tingkat motivasi belajar seni musik peserta didik antara kelas dengan penggunaan media belajar berbasis aplikasi yaitu bandlab dengan kelas tanpa penggunaan media belajar bandlab di SMPN 24 jakarta. Tujuan kedua untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat motivasi belajar seni musik kelas VII di SMPN 24 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian kuantitatif serta hanya dengan PostTest Only Control Group Design. Hal ini dikarenakan pembelajaran sudah berlangsung, amak dari itu peneliti hanya mengambil nilai post-test saja. Kuesioner disebarkan kepada 60 responden. Populasi dalam penelitian ini adalah 3 dari 7 kelas siswa kelas VII di SMPN 24 Jakarta. Terdapat 2 kelas penelitian sebagai sampel penelitian yaitu kelas VII.E sebagai kelas kontrol dan kelas VII.F sebagai kelas eksperimen. Dalam hal ini terdapat 2 variabel, variabel independen yaitu media belajar berbasis aplikasi : Bandlab, dan variabel dependen yaitu motivasi belajar. Data yang sudah didistribusikan diolah dan diproses dengan menggunakan skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis uji Independent Sample T-Test dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan motivasi belajar seni musik peserta didik yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal itu didukung oleh data hasil penelitian pada nilai signifikansi sebesar 0,856 > 0,05. Adapun beberapa faktor pendukung dan penghambat yang terjadi diantaranya guru yang mengampu pelajaran seni budaya (seni musik) menyenangkan, bersikap baik serta adil terhadap semua siswa, sarana dan prasarana sekolah yang kurang lengkap, metode konvensional dan kurang bervariasi, dan lain sebagainya. *** Analysis of the Use of Bandlab Application on Motivation to Learn Music Art in Grade VII Students at SMPN 24 Jakarta. The purpose of this study is first to determine whether there is a difference in the level of motivation to learn music art of students between classes and the use of application-based learning media, namely bandlabs with classes without the use of bandlab learning media at SMPN 24 Jakarta. The second goal is to find out the supporting factors and obstacles to the motivation to learn music art class VII at SMPN 24 Jakarta. The research method used is a quantitative research method and only with PostTest Only Control Group Design. This is because the learning has been going on, but from that the researcher only takes the post-test value. The questionnaire was distributed to 60 respondents. The population in this study was 3 out of 7 classes of grade students VII at SMPN 24 Jakarta. There are 2 research classes as research samples, namely the . VII E as the control class and the class VII. F as an experimental class. In this case, there are 2 variables, independent variables, namely application-based learning media: Bandlab, and dependent variables, namely learning motivation. The data that has been distributed is processed and processed using the Likert scale. The data analysis techniques used in this study are independent sample T-test analysis and homogeneity test. The results of this study showed that there was no significant difference in students' musical arts learning motivation between the experimental class and the control class. This is supported by research data on significance values of 0.856 > 0.05. There are several supporting and inhibiting factors that occur including teachers who teach fun cultural arts (music) lessons, being kind and fair to all students, incomplete school facilities and infrastructure, conventional and less varied methods, and so on.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Sn. Hery Budiawan, S.Pd., M.Sn
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Seni Musik > Musik
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Users 15409 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2022 06:00
Last Modified: 10 Oct 2022 06:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35467

Actions (login required)

View Item View Item