BENTUK LATIHAN KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA MANDARIN DASAR DI PERGURUAN TINGGI

JEFRY ALEXANDER, . (2022) BENTUK LATIHAN KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA MANDARIN DASAR DI PERGURUAN TINGGI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (906kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (674kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (932kB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan menyimak merupakan sebuah keterampilan berbahasa yang pertama kali dikuasai oleh manusia. Keterampilan menyimak bahasa Mandarin menuntut pemelajar untuk mampu mendengarkan dan memahami beragam ujaran dan wacana lisan dalam bahasa Mandarin dengan baik. Untuk menguasai bahasa Mandarin, pemelajar harus memulainya dari tingkat dasar. Kesulitan utama bagi pemelajar bahasa Mandarin tingkat dasar adalah bunyi dan tona yang mirip, kalimat panjang dan berstruktur kompleks, serta kecepatan bicara. Keterampilan menyimak tidak dapat ditingkatkan hanya melalui pengajaran, tetapi harus melalui latihan. Penelitian ini akan membahas latihan keterampilan menyimak bahasa Mandarin tingkat dasar berdasarkan jenis latihan mengingat dan meniru, pemahaman dan penerapan, serta komunikatif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data studi pustaka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk latihan keterampilan menyimak bahasa Mandarin tingkat dasar dari Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Jakarta, Universitas Kristen Indonesia, dan Universitas Negeri Surabaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga kampus tersebut menggunakan variasi latihan yang berbeda dengan satu sama lainnya. ********* Listening skill is a language skill that is first mastered by humans. Mandarin listening skills require students to be able to listen and understand a variety of spoken words and discourses in Mandarin well. To master Mandarin, students must start from the basic level. The main difficulties for elementary level Chinese learners are similar sounds and tones, long sentences and complex structures, and speed of speech. Listening skills cannot be improved only through teaching, but must be through practice. This study will discuss the practice of basic level Chinese listening skills based on the types of exercises for remembering and imitating, understanding and applying, and communicative. This research is a descriptive qualitative research with literature study data collection techniques. This study aims to describe the forms of basic level Chinese listening skills training from the Mandarin Language Education Study Program, Jakarta State University, Indonesian Christian University, and Surabaya State University. The results of this study indicate that the three campuses use different variations of training from one another.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Hudiyekti Prasetyaningtyas, S.S.,M.Ed. ; 2). Rizky Wardhani, S.S.,M.Pd.,M.TCSOL.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Mandarin
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Users 16302 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2022 06:50
Last Modified: 12 Sep 2022 06:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35521

Actions (login required)

View Item View Item