PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP MINAT BELAJAR BAHASA ARAB (Penelitian Eksperimen di MTS Negeri 31 Jakarta)

AYUNITA RAHIM, . (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP MINAT BELAJAR BAHASA ARAB (Penelitian Eksperimen di MTS Negeri 31 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (820kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (708kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek dengan menggunakan reels instagram Terhadap Minat Belajar Bahasa Arab di MTs Negeri 31 Jakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas tujuh di MTs Negeri 31 Jakarta yang terdiri dari 190 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan adalah 64 siswa yang terdiri dari kelas 71 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 33 siswa dan kelas 72 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 31 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan jenis cluster sampling.Teknik Pengambilan data yang digunakan adalah observasi dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji t, uji analisis regresi sederhana, dan uji normal gain. Berdasarkan kesimpulan data penelitian, peneliti memperoleh: 1) Pada uji t diperoleh hasil nilai t hitung sebesar 9,320 lebih besar dari nilai t tabel 1,699 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 yang berarti Ha diterima, maka model pembelajaran berbasis proyek berpengaruh signifikan terhadap minat belajar bahasa arab siswa kelas tujuh di MTs negeri 31 jakarta tahun ajaran 2021/2022. 2) Pada uji normal gain diketahui bahwa peningkatan nilai rata-rata pada kelas eksperimen yaitu sebesar 32,1% dengan kriteria faktor “sedang”, dan pada kelas kontrol yaitu sebesar 16,6% dengan kriteria faktor “rendah”. 3) Hasil pengujian nilai koefisien korelasi model pembelajaran berbasis proyek terhadap minat belajar Bahasa arab yaitu sebesar 0,741 atau 74,1% yang berarti model pembelajaran berbasis proyek sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi minat belajar Bahasa arab sebesar 74,1% dan 25,9% dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian, model pembelajaran berbasis proyek berpengaruh terhadap minat belajar bahasa arab. Oleh karena itu, pembelajaran bahasa arab dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek lebih baik untuk meningkatkan minat belajar bahasa arab dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. This study aims to determine the effect of the project-based learning model using Instagram reels on interest in learning Arabic at Islamic Junior High School 31 Jakarta. This type of research is quantitative research using experimental research methods. The population in this study were all seventh grade students at Islamic Junior High School 31 Jakarta, which consisted of 190 students. While the sample used was 64 students consisting of class 71 as a control class with a total of 33 students and class 72 as an experimental class with a total of 31 students. The sampling technique used is probability sampling with cluster sampling type. Data collection techniques used are observation and questionnaires. Data analysis techniques in this study are validity test, reliability test, normality test, homogeneity test, t test, simple regression analysis test, and normal gain test. Based on the conclusions of the research data, the researchers obtained: 1) In the t-test, the results of the t-count value of 9.320 are greater than the t-table value of 1.699 with a significant value of 0.000 <0.05 which means Ha is accepted, then the project-based learning model has a significant effect on interest in learning arabic in seventh grade students at public Islamic Junior High School 31 Jakarta for the academic year 2021/2022. 2) In the normal gain test, it is known that the increase in the average value in the experimental class is 32.1% with the "medium" factor criteria, and in the control class it is 16.6% with the "low" factor criteria. 3) The results of testing the correlation coefficient value of project-based learning models on interest in learning arabic are 0.741 or 74.1%, which means that project-based learning models are one of the factors that influence interest in learning arabic by 74.1% and 25.9% influenced by other factors. So, the project-based learning model has an effect on interest in learning arabic. Therefore, learning arabic using a project-based learning model is better for increasing interest in learning arabic compared to conventional learning models.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Fatwa Arifah, M.A.Pd. ; 2). Ihwan Rahman Bahtiar, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 16314 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2022 05:39
Last Modified: 12 Sep 2022 05:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35560

Actions (login required)

View Item View Item