PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR LARI JARAK PENDEK (Studi Eksperimen Tentang Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas VII SMPN 15 Depok)

BARKAH SEKAR KALIH, . (2022) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR LARI JARAK PENDEK (Studi Eksperimen Tentang Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas VII SMPN 15 Depok). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (376kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (812kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (314kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (954kB) | Request a copy

Abstract

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR LARI JARAK PENDEK ABSTRAK Barkah Sekar Kalih BarkahSekarKalih_9903820020@mhs.unj.ac.id Pendidikan Jasmani, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, Indonesia. Jl. Rawamangun Muka Jakarta Timur Indonesia 13220 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran dan motivasi terhadap hasil belajar lari jarak pendek. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 15 Depok kelas VII. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain treatment by level 2x2. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 60 orang. Pengumpulan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik analisis data adalah analisis varians dua jalur (ANAVA) dan dilanjutkan dengan uji Tukey pada tingkat signifikan ɑ = 0,05. Untuk menguji normalitas data, mengggunakan uji kolmogorv-smirnov dan uji homogenitas menggunakan uji levene. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Secara keseluruhan media pembelajaran visual lebih baik daripada penggunaan media pembelajaran audio berdasarkan nilai F(OA) = 21,11 dengan p-value = 0,000 < 0,05. (2) Terdapat pengaruh interaksi antara media pembelajaran dan motivasi terhadap hasil belajar lari jarak pendek berdasarkan nilai F(OAB) = 11,128 dengan p-value = 0,002 < 0,05. (3) Hasil belajar lari jarak pendek anak dengan media pembelajaran visual yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih baik daripada hasil belajar lari jarak pendek anak anak dengan media pembelajaran audio yang memiliki motivasi belajar tinggi berdasarkan Qhitung = 15,01 > Qtabel (0,05;4:30) = 3,85. (4) Hasil belajar lari jarak pendek dengan media visual dan media audio pada motivasi belajar rendah tidak terdapat perbedaan secara nyata atau signifikan berdasarkan nilai Qhitung = 2,39 < Qtabel (0,05;4:30) = 3,85. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Motivasi, Lari Jarak Pend THE EFFECT OF LEARNING MEDIA AND MOTIVATION ON LEARNING RESULT SHORT DISTANCE RUNNING ******** ABSTRACT Barkah Sekar Kalih BarkahSekarKalih_9903820020@mhs.unj.ac.id Physical Education, State University Of Jakarta, Jakarta, Indonesia, Jl.Rawamangun Muka Jakarta Timur Indonesia 13220 This study aims to determine the effect of learning media and motivation on the short distance running learning achievement. This research was conducted at SMPN 15 Depok class VII. This research uses experimental research method with treatment by level 2x2 design. The sample in this study consisted of 60 people. The sample collected by using simple random sampling technique. The data analysis technique was a two-way analysis of variance (ANAVA) and continued with the Tukey test at a significant level = 0.05. The normality of the data tested by, using the Liliefors test and the homogeneity of the data test by using the Barlett test. The results of this study indicate that (1) The results of short distance running learning archivement with visual learning media are higher than of short distance running learning archivement with audio learning media, based F(OA) = 21,11 with p-value = 0,000 < 0,05. (2) There is an interaction of learning media and motivation on result based on F(OAB) = 11,128 with p-value = 0,002 < 0,05. (3) The short distance running learning archivement of sample with visual learning media and high learning motivation is higher than the short distance running learning archivement of sample with audio learning media and high learning motivation based on Qcount = 15,01 > Qtable = 3,85. (4) There is no significant the short distance running learning achievement result with visual media and audio media on low learning motivation based on the value of Q count = 2.39 < Q table = 3,85. Keywords: Learning Media, Motivation, Short Distance Running

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Iwan Hermawan, M.Pd ; 2). Ika Novitaria Marani, S.Pd, S.E, M.Si
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Aneka Olah Raga > Atletik
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Jasmani
Depositing User: Users 16231 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2022 00:28
Last Modified: 12 Sep 2022 00:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35585

Actions (login required)

View Item View Item