MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN DI KELAS III SDN CIDENG 13 PAGI JAKARTA PUSAT

NURLAELAH, . (2011) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN DI KELAS III SDN CIDENG 13 PAGI JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK el.pdf

Download (34kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (34kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (196kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (40kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (39kB)
[img] Text
Kata Pengantar.pdf

Download (79kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Motto.pdf

Download (39kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan.pdf

Download (30kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (74kB)
[img] Text
pembatas.pdf

Download (37kB)
[img] Text
LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf

Download (32kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (279kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (21kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (93kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (34kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (313kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data tentang peningkatan hasil belajar pendidikan jasmani melalui pendekatan bermain dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Cideng 13 Pagi Jakarta Pusat dimulai pada bulan Oktober sampai bulan Desember, menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 kegiatan utama yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Hasil penelitian menunjukkan persentase perolehan data pada siklus I hasil belajar pendidikan jasmani 61%. Siklus II menunjukkan kenaikan yang signifikan yaitu 85%. Sedangkan data untuk pemantau tindakan pembelajaran dengan pendekatan bermain pada siklus I persentas 68% dan pada siklus II mencapai peningkatan hingga 93%. Dari hasil penelitian, dapat dinyatakan bahwa dengan menggunakan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar pendididikan jasmani dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Kesimpulannya adalah bahwa pembelajaran pendidikan jasmani dengan menggunakan pendekatan bermain dapat dijadikan pendekatan pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan jasmani di Kelas III SDN Cideng 13 Pagi Kec. Gambir, Jakarta Pusat. This study aims to obtain data about the increase in physical education learning outcomes through learning approaches play in Physical Education. The research was conducted in class III SDN Cideng 13 Pagi Jakarta Pusat begins in October to December, using action research methods class (classroom action research) that consists of 2 cycles with 4 main activities namely planning, action, observation, reflection. The results show the percentage of the data acquisition the first cycle physical education learn the results of 61%. Cycle II showed a significant increase of 85%. While the data for monitoring the action learning approach to playing on cycles I persentas 68% and an increase in cycle II reaches up to 93%. From the research, it can be stated that by using the approach play can improve learning outcomes in physical learning physical education. The conclusion is that the learning of physical education with an approach can be used to play learning approaches to improve learning outcomes of physical education in the class III SDN Cideng 13 Pagi Kec. Gambir, Jakarta Pusat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Andi Ali Saladin, M.Pd; 2). Dr. M. S. Sumantri, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2022 02:33
Last Modified: 12 Sep 2022 02:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35659

Actions (login required)

View Item View Item