STUDI META ANALISIS TENTANG KAJIAN PUSTAKA POP-UP BOOK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA KETERAMPILAN MENULIS SISWA DI SEKOLAH DASAR

RATU TSAMARA ADZANIAH, . (2022) STUDI META ANALISIS TENTANG KAJIAN PUSTAKA POP-UP BOOK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA KETERAMPILAN MENULIS SISWA DI SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
cover.pdf

Download (802kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (522kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (923kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (132kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (260kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Pop-Up Books terhadap peningkatan keterampilan menulis pada pelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode meta-analisis. Penelitian ini diawali dengan merumuskan topik yang akan diteliti, kemudian merumuskan masalah, kemudian mengumpulkan data artikel yang relevan untuk diolah. Data diperoleh dari pencarian jurnal online melalui Google Scholar. Kata kunci yang digunakan adalah “media buku pop-up” dan “keterampilan menulis siswa SD”. Dari hasil pencarian ada 9 artikel. Data yang diperoleh dianalisis kembali dengan menggunakan metode kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis penggunaan media Pop-Up Book dapat dibuktikan bahwa rata-rata kemampuan menulis siswa sebelum menggunakan effect sebesar 2,8 meningkat menjadi 3,43 effect size untuk kategori besar eksperimen. kelas. ***** This study aims to determine the effect of using Pop-Up Books on improving writing skills in Indonesian lessons in elementary schools. This study uses a meta-analysis method. This research begins with formulating the topic to be studied, then formulating the problem, then collecting relevant article data for processing. The data was obtained from online journal searches through Google Scholar. The keywords used are "pop-up book media" and "elementary school students' writing skills". From the search results there are 9 articles. The data obtained were re-analyzed using quantitative methods. Based on the results of the analysis of the use of the Pop-Up Book media, it can be proven that the average students' writing skills before using the effect amounted to 2.8, increasing to 3.43 the effect size for the large category of the experimental class.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Gusti Yarmi, M.Pd. ; 2). Dr. Ika Lestari, S.Pd, M,Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 16228 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2022 02:05
Last Modified: 13 Sep 2022 02:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35667

Actions (login required)

View Item View Item