PENGAJARAN MENULIS TEKS BAHASA INGGRIS MELALUI KOMBINASI PENDEKATAN PROSES DAN EXPLICIT TEACHING (Penelitian Tindakan Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas sultan Ageng Tirtayasa)

RITA HANDAYANI, . (2022) PENGAJARAN MENULIS TEKS BAHASA INGGRIS MELALUI KOMBINASI PENDEKATAN PROSES DAN EXPLICIT TEACHING (Penelitian Tindakan Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas sultan Ageng Tirtayasa). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Disertasi_COVER_RH.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Disertasi_BAB1_RH.pdf

Download (426kB)
[img] Text
Disertasi_BAB2_RH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB) | Request a copy
[img] Text
Disertasi_BAB3_RH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text
Disertasi_BAB4_RH_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB) | Request a copy
[img] Text
Disertasi_BAB5_RH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text
Disertasi-DAFTARPUSTAKA-RH.pdf

Download (334kB)
[img] Text
Disertasi-LAMPIRAN-OK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian menggunakan pendekatan proses telah banyak dilakukan sebelumnya. Akan tetapi kelemahan dari pendekatan proses adalah kurangnya bimbingan dari guru dan hal ini ada di dalam pengajaran eksplisit (explicit teaching). Oleh karena itu, penelitian ini mengabungkan pendekatan proses dan pengajaran eksplisit untuk meningkatkan keterampilan menulis teks bahasa Inggris dengan fokus pada peningkatan isi dan organisasi tulisan mahasiswa. Purposive sampling digunakan untuk memilih 35 mahasiswa semester dua dari program studi pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Data dikumpulkan melalui penggunaan kuesioner, pengamatan, dan tugas menulis. Selain menggunakan triangulasi data, validitas dan keandalan data dalam penelitian ini juga diperoleh melalui kriteria rubrik penilaian yang disusun secara terperinci dan penilaian hasil menulis yang diberikan oleh dua penilai. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kombinasi pendekatan proses dan strategi pengajaran ekspisit memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan keterampilan menulis teks Bahasa Inggris mahasiswa. Peningkatan yang signifikan terlihat pada aspek pengorganisasian ide-ide, pengembangan kalimat utama, dan penulisan kalimat utama. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kombinasi pendekatan proses dan strategi pengajaran eksplisit efektif meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menulis teks bahasa Inggris yang efektif. Kata kunci: Menulis, teks bahasa Inggris, pendekatan proses, explicit teaching ******** ABSTRACT Many studies using process approach have been carried out before. However, the weakness of the process approach is the lack of guidance from the teacher and this flaw is covered in explicit teaching. Therefore, this study combines a process approach and explicit teaching to improve English text writing skills with a focus on improving the content and organization of students' writing. Purposive sampling was used to select 35 second-semester students from Sultan Ageng Tirtayasa University's English study program. This study's method was action research, which was carried out in three cycles. Questionnaires, interview, observations, and writing tasks were used to collect data. In addition to using data triangulation, the validity and reliability of the data in this study was also obtained through detailed assessment rubric criteria and assessment of writing results provided by two raters. The results of this study show that combining process approaches with explicit teaching strategy has a significant impact on improving students' skills in writing effective English texts. The most significant improvements are on the aspect’s ideas organization, topic development, and topic sentence writing. This suggests that combining a process approach with explicit teaching strategy is beneficial in improving students’ skill in writing an effective text. Keywords: Writing, English text, process approach, and explicit teaching

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr.Yumna Rasyid, M.Pd ; 2). Prof. dr. Ninuk Lustyantie, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: PASCASARJANA > S3 Linguistik Terapan
Depositing User: Users 15722 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2022 07:00
Last Modified: 12 Sep 2022 07:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35676

Actions (login required)

View Item View Item