MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PENCERMINAN BANGUN DATAR MELALUI STRATEGI BELAJAR TUNTAS (MASTERY LEARNING) (PTK pada siswa kelas IV SDIT Al Mughni Kuningan Setiabudi Jakarta Selatan)

MASNI LA AJI, . (2010) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PENCERMINAN BANGUN DATAR MELALUI STRATEGI BELAJAR TUNTAS (MASTERY LEARNING) (PTK pada siswa kelas IV SDIT Al Mughni Kuningan Setiabudi Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I (sKripsI Ku).pdf

Download (71kB)
[img] Text
BAB V skripsi ku.pdf

Download (46kB)
[img] Text
BAB III skripsiku.pdf

Download (129kB)
[img] Text
BAB IV skripsi ku.pdf

Download (564kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (60kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (214kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (412kB)
[img] Text
BAB II skripsi ku.pdf

Download (156kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan cara meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan strategi belajar tuntas (mastery learning) terhadap siswa kelas IV tentang pencerminan bangun datar. Subjek penelitian adalah siswa-siswa kelas IV sebanyak 24 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan yang tercatat pada semester genap tahun ajaran 2009/2010. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari dan berakhir pada bulan Mei 2010. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Adapun prosedur penelitiannya merupakan siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan yang terakhir adalah refleksi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah data pemantau tindakan dan data penelitian. Data pemantau tindakan meliputi 30 butir pernyataan untuk tiap pertemuannya. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Rerata siklus I data pemantau tindakan adalah 82,5%. Rerata siklus II data pemantauan tindakan adalah 92,5%. Data penelitian meliputi instrumen tes hasil belajar dengan jumlah sepuluh butir soal dalam bentuk soal isian. Pemberian tes hasil belajar dilakukan di setiap akhir siklus. Siklus I diperoleh siswa tuntas 62,5 % (15 siswa), siklus II adalah 86,95% (20 siswa). Implikasi hasil penelitian ini bahwa dengan dilaksanakannya program remedial dan program pengayaan mampu meningkatkan hasil belajar matematika. Selain itu, upaya meningkatkan hasil belajar matematika tidak dapat terwujud tanpa didukung oleh penggunaan strategi belajar yang tepat terhadap mata pelajaran matematika serta lebih memperhatikan perbedaan setiap peserta didik. ***** This study aims to find ways to improve mathematics learning outcomes using the mastery learning strategy (Mastery Learning) on the fourth grade students about the reflection of a flat wake. The subjects were students of class IV are 24 students consisting of 11 male students and 14 female students registered in academic year 2009/2010. The experiment was conducted in January and ends in May 2010. Classroom Action Research was conducted by using the model of Kemmis and Mc. Taggart.The research procedure is a cycle that consists of planning, action, observation, and the latter is a reflection. The results obtained are monitoring data and action research data. Monitoring data include 30 points of action statement for each meeting. This research was conducted in two cycles. The mean of the first cycle of action monitoring data is 82.5%. The mean of the second cycle of action monitoring data is 92.5%. The research data include achievement test instruments with a total of ten grains of matter in the form of matter fields. Giving achievement test conducted at the end of each cycle. Students complete the first cycle obtained 62.5% (15 students), cycle II was 86.95% (20 students). Implications of the results of this study that with the implementation of remedial programs and enrichment programs to improve mathematics learning outcomes. In addition, efforts to improve mathematics learning outcomes can not be realized without the support of the use of learning strategies appropriate to the subjects of mathematics and more attention to the differences in each learner.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Maratun Nafiah, M.Pd. ; 2). Drs. Kasina Ahmad, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2022 01:43
Last Modified: 13 Sep 2022 01:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35713

Actions (login required)

View Item View Item