ADE MISTRI, . (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DENGAN PENDEKATAN SELF-REGULATED LEARNINGDI KELAS X MAN 3 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
BAB II.pdf Download (244kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (103kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (181kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (268kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (235kB) |
|
Text
Cover, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi.pdf Download (235kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan_compressed.pdf Download (132kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa dengan menggunakan pendekatan Self-Regulated Learning. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari sampai Juni semester genap tahun ajaran 2011-2012 di MAN 3 Jakarta. Subjek penelitian adalah siswa kelas X.1 dengan jumlah 33 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian dilakukan dalam 3 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan tatap muka. Pendekatan Self-Regulated Learning (SRL) yang digunakan terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, monitoring, evaluasi, dan refleksi. Perencanaan dilakukan pada pembelajaran pendahuluan; monitoring pada pembelajaran inti; dan evaluasi dan refleksi pada pembelajaran penutup. Agar SRL lebih dihayati oleh siswa, guru memutarkan video motivasi, melakukan demonstrasi dalam pembelajaran, dan melakukan co-gen (dialog antara siswa dengan guru). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan kognitif, wawancara siswa, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata tes kemampuan kognitif siswa pada siklus I sebesar 59,71, pada siklus II meningkat menjadi 74,11 dan pada siklus III kembali meningkat menjadi 75,17. Hasil wawancara siswa dan catatan lapangan menunjukkan hasil yang sejalan dengan tes kemampuan kognitif siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan Self-Regulated Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X.1 MAN 3 Jakarta. ***** The aim of this study is to increase physics student learning outcomes using the Self-Regulated Learning approach. The experiment was conducted in January to June semester 2011-2012 school years in MAN 3 Jakarta. Subject of this research is 33 peoples of X.1 grade students in the school. The method used is a Class Action Research (CAR). The study was conducted in three cycles, each cycle consisting of three face to face meetings. The approach of Self-Regulated Learning (SRL) consists of four steps including planning, monitoring, evaluation, and reflection. Planning is done at the beginning of learning; monitoring at the core of learning, evaluation and reflection at the closing of learning. To be more internalized SRL, teacher played the motivational video, showed demonstration of learning, and done co-gen (a dialogue between student and teacher). The instrument used is a test of cognitive ability, student interviews, and field notes. The results showed an average of students' cognitive abilities test on a cycle I of 59.71, the second cycle increased to 74.11 and on the third cycle again increased to 75.17. Student interviews and field notes showed the results were in line with students' cognitive abilities test. Thus, Self-Regulated Learning approach can increase physics student learning outcomes of X.1 MAN 3 Jakarta.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Supriyadi, M.Pd. ; 2). Dra. Raihanati |
Subjects: | Sains > Fisika |
Divisions: | FMIPA > S1 Fisika |
Depositing User: | Users 14685 not found. |
Date Deposited: | 13 Sep 2022 05:48 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 01:39 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35715 |
Actions (login required)
View Item |