INAYAH AZKIYA ISTIGHFAROH, . (2022) PENGEMBANGAN MEDIA APLIKASI ALFABET EDUKASI “AKSI” UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN PRA MEMBACA ANAK USIA 4-5 TAHUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (510kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (325kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (431kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (400kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (239kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian perkembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media yang dapat digunakan untuk menstimulasi kemampuan pra membaca anak khususnya pada usia 4-5 tahun. Diharapkan dengan menggunakan aplikasi ini dapat memberikan pemahaman kepada anak mengenai konsep dalam mengenal huruf. Penelitian ini menggunakan metode karya inovatif dengan model pengembangan ADDIE. Subjek dari penelitian ini ialah ahli materi dan ahli media sebagai validator, lima orang anak usia 4-5 tahun, dan empat orang guru PAUD. Objek penelitian ini ialah aplikasi pembelajaran digital yang disebut AKSI (Alfabet Edukasi). Berdasarkan uji validitas ahli materi, aplikasi AKSI mendapatkan persentase sebesar 85,5% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan uji validitas ahli media, aplikasi AKSI mendapatkan persentase sebesar 91,6% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil uji coba pada anak, aplikasi AKSI mendapatkan persentase sebesar 85% dengan kriteria sangat layak, dan berdasarkan hasil uji coba pada guru, aplikasi AKSI mendapatkan persentase sebesar 92% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian, aplikasi “AKSI (Alfabet Edukasi)” dapat dikatakan valid dan sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran anak usia 4-5 tahun. ***** This developmental research aims to produce a media that can be used to stimulate pre-reading ability in children, especially at the age of 4-5 years old. It is hoped by using this application can provide them with an understanding concept of recognizing letters in the children. This research uses an innovative works method with the ADDIE development model. The subjects of this study were material experts and media experts as a validator, five children aged 4-5 years, and four kindergarten teachers. The object of this research is a digital learning application called AKSI (Alfabet Edukasi). Based on the validity test of material experts, the AKSI application got a percentage of 85,5% with very feasible criteria. Based on the validity test of media experts, the AKSI application got a percentage of 91,6% with very feasible criteria. Based on the results of trials on children, the AKSI application got a percentage of 85% with very feasible criteria and based on the results of trials on teachers, the AKSI application got percentage of 92% with very feasible criteria. Based on the research results, the “AKSI (Alfabet Edukasi)” application is very feasible to be used as a learning media for children aged 4-5 years.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Yudrik Jahja, M.Pd. ; 2). Dra. Winda Gunarti, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Users 16068 not found. |
Date Deposited: | 15 Sep 2022 01:24 |
Last Modified: | 15 Sep 2022 01:24 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35745 |
Actions (login required)
View Item |