MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM PENGEMBANGAN GERAK TARI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA KELAS 11 MIPA 4 DI MAN 3 JAKARTA)

SABRINA HEIDI AZZAHRA, . (2022) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM PENGEMBANGAN GERAK TARI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA KELAS 11 MIPA 4 DI MAN 3 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (263kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (314kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Berpikir kreatif merupakan suatu kemampuan yang penting dimiliki siswa agar dapat melatih siswa dalam menghasilkan ide-ide baru yang kreatif. Model pembelajaran problem based learning pada anak kelas 11 dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dalam pengembangan gerak tari dan juga dibantu dengan stimulus rangsangan auditif. Model problem based learning adalah pembelajaran berbasis masalah yang dapat mengasah kemampuan berpikir kreatif siswa untuk menyelesaikan masalah yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dalam pengembangan gerak tari pada pembelajaran seni budaya dan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui penerapan model pembelajaran problem based learning dalam pengembangan gerak tari pada pembelajaran seni budaya kelas 11 MIPA 4 MAN 3 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc Taggart, menggunakan analisis data kualitatif deskrptif dan analisis kuantitatif statistik deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak II siklus dengan jumlah siswa 18 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi pengingkatan kemampuan berpikir kreatif dengan memperoleh nilai rata-rata nilai pada pra siklus 39,3, siklus I 65,9, dan siklus II 81,5. Untuk penelitian selanjutnya dapat mengeksplor model pembelajaran lainnya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dalam pengembangan gerak tari sehingga siswa dapat lebih mengasah kemampuan berpikir kreatif juga imajinasinya sehingga pembelajaran seni akan lebih aktif dan menyenangkan. *** Creative thinking is an essential skill for students in order to train them to generate fresh creative ideas. The problem-based learning model for eleventh graders can improve their creative thinking skills in developing dance moves and is also supported by auditory stimulation. Problem-based learning model is problem-based learning that can hone students' creative thinking skills to solve a given problem. This study aims to describe the learning process of problem-based learning in improving creative thinking skills in developing dance moves in art and culture learning. Also, to improve students' creative thinking skills through the problem-based learning application as the learning model in developing dance moves in arts and culture learning in the eleventh graders of MIPA 4 at MAN 3 Jakarta. Classroom action research (CAR) with the Kemmis and Mc Taggart model was used in this study, along with descriptive qualitative data analysis and descriptive statistical quantitative analysis. Data collection techniques were through observation, interviews and documentation. This research was carried out in two cycles with 18 students. The results showed an improvement in creative thinking skills, with an average value of 39,3 in the pre-cycle, the first cycle was 65,9, and the second cycle was 81,5. For future studies, they can explore other learning models to improve creative thinking skills in developing dance moves in order for students to hone their creative thinking skills and imagination further so that art learning will be more lively and fun.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Elindra Yetti, M.Pd. ; 2). Tuteng Suwandi, S.Kar., M.Pd.
Subjects: Kesenian > Seni Tari
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Tari
Depositing User: Users 16443 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2022 06:03
Last Modified: 13 Sep 2022 06:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35776

Actions (login required)

View Item View Item