HUBUNGAN ANTARA RESILIENSI MATEMATIS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V DI SDN SEKELURAHAN KLENDER KECAMATAN DUREN SAWIT KOTAMADYA JAKARTA TIMUR

SELVIA YUNIAR, . (2022) HUBUNGAN ANTARA RESILIENSI MATEMATIS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V DI SDN SEKELURAHAN KLENDER KECAMATAN DUREN SAWIT KOTAMADYA JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (885kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (237kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara resiliensi matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas V di SDN Sekelurahan Klender Kecamatan Duren Sawit Kota Madya Jakarta Timur. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Klender 03 Pagi, SDN Klender 04 Pagi, SDN Klender 10 Pagi, dan SDN Klender 22 Pagi dengan menggunakan teknik multistage cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen tes dan non tes. Instrumen tes yang digunakan berupa uraian soal untuk mengukur variabel kemampuan pemecahan masalah matematika dan instrumen non tes berupa angket untuk mengukur variabel resiliensi matematis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan resiliensi matematis dengan kemampuan pemecahan masalah matematika. Sumbangan efektif yang diberikan oleh variabel resiliensi matematis terhadap variabel kemampuan pemecahan masalah matematika sebesar 37,09% dan sisanya sebesar 62,91% dipengaruhi oleh faktor lain. ***** This research aims to find out the relationship between mathematical resilience and mathematical problem-solving skills in class V students at SDN Klender Subdistrict Duren Sawit District, East Jakarta. The samples in this study were students of class V SDN Klender 03, SDN Klender 04, SDN Klender 10, and SDN Klender 22 using multistage cluster random sampling techniques. Data collection is carried out using test and non-test instruments. Test instruments are used in the form of problem descriptions to measure variables of mathematical problem-solving ability and non-test instruments in the form of questionnaires to measure mathematical resilience variables with a likert scale. The data analysis technique used is Pearson Product Moment correlation analysis. The results showed that there was a positive and significant relationship between mathematical resilience and mathematical problem solving ability. The effective contribution given by the mathematical resilience variable to the mathematical problem solving variable is 37.09% and the remaining 62.91% is influenced by other factors. .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Maratun Nafiah, M.Pd. ; 2). Dra. Rosinar Siregar, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 16201 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2022 01:31
Last Modified: 13 Sep 2022 01:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35786

Actions (login required)

View Item View Item