MEDIA INTERAKTIF BENDA DI SEKITARKU (DAKU) UNTUK MENGENAL KOSAKATA BAGI ANAK DENGAN AUTISME

ANNISA INDAH CAHAYA RAMADHANTI, . (2022) MEDIA INTERAKTIF BENDA DI SEKITARKU (DAKU) UNTUK MENGENAL KOSAKATA BAGI ANAK DENGAN AUTISME. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (999kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (938kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media interaktif Benda di Sekitarku (DAKU) untuk membantu mengenalkan kosakata benda pada anak dengan autisme jenjang TKLB di SLB Maitri School, Anak yang terlibat dalam penelitian ini adalah tiga anak dengan kemampuan yang berbeda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development dengan menggunakan model ADDIE. Produk yang telah dikembangkan telah ditinjau oleh para ahli, yang terdiri dari ahli media, ahli materi, dan ahli kekhususan autisme. Hasil dari tinjauan para ahli, yaitu Ahli media memberikan penilaian sebesar 71% (cukup baik). Ahli materi memberikan penilaian 98% (sangat baik). Ahli kekhususan autisme memberikan penilaian 91% (sangat baik). Evaluasi formatif melalui uji coba one to one evalution. Untuk meningkatan dan menyempurnakan media interaktif Benda di Sekitar (DAKU) mendapatkan hasil sebesar 88% (Sangat Baik). Jadi, dapat disimpulkan bahwa media interaktif Benda di Sekitarku (DAKU) ini dapat dimanfaatkan untuk membantu anak dengan autisme dalam mengenal benda di sekitar. ***** This study aims to develop an interactive media, ‘Benda di Sekitarku’ (DAKU) for helping children with autism in order to introduce the object vocabulary at TKLB level at SLB Maitri School. The children who involved in this study were three children with different abilities. The method that used in this research is the ‘Research and Development’ method which using the ADDIE model. The development of products has been reviewed by the experts, consisting of media experts, material experts, and autism specialists. The results from expert reviews is material expert gave a score 71% (quite good). Materials expert gave a score 98% (very good). Autism expert gave a score 91% (very good). The Formative’s evaluation through a one-to-one evaluation trial. In order to improve and accomplish, the interactive media ‘Benda di Sekitarku (DAKU)’ get 88% (Very Good) results. In summary, the interactive media, ‘Benda di Sekitarku’ (DAKU) can be used to help children with autism in order to recognize objects around them.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Hartini Nara, M.Si. ; 2). Drs. Bahrudin, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 16119 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2022 01:35
Last Modified: 13 Sep 2022 01:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35790

Actions (login required)

View Item View Item