MENINGKATKAN PERCAYA DIRI ANAK MELALUI METODE STIMULUS DAN METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN SENI TARI DI SANGGAR PURI RANGGAPATI TANGERANG BANTEN

PUTRI ASIH JULIANTI, . (2022) MENINGKATKAN PERCAYA DIRI ANAK MELALUI METODE STIMULUS DAN METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN SENI TARI DI SANGGAR PURI RANGGAPATI TANGERANG BANTEN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (937kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (913kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy

Abstract

Percaya diri merupakan suatu sikap atau keyakinan yang harus dimiliki anak dalam pembelajaran agar bisa mencapai tujuan yang dicita-citakan. Metode stimulus dan metode demonstrasi dalam kegiatan latihan di sanggar dapat meningkatkan percaya diri pada anak usia dini. Karena kegiatan ini sangat penting dilakukan, jika dari kecil rasa percaya dirinya sudah kurang, akan dikhawatirkan jika tumbuh dewasa anak tersebut tetap kurang percaya diri dalam hal apapun. Penelitian ini bertujuan untuk 1). mendeskripsikan proses penerapan metode stimulus dan metode demontrasi dalam pembelajaran tari guna meningkatkan percaya diri anak di Sanggar Puri Ranggapati Tangerang, 2). meningkatkan percaya diri anak melalui metode stimulus dan metode demontrasi dalam pembelajaran tari di Sanggar Puri Ranggapati Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain penelitian tindakan Kurt Lewin. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan observasi dan metode catatan lapangan dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif deskripsi dan kuantitatif statistik. Penelitian ini dilakukan pada 10 orang anak berusia 4-6 tahun di salah satu Sanggar yang berada di Tangerang. Teknik triangulasi yang peneliti gunakan yaitu triangulasi metode, teori, dan waktu. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahawa adanya peningkatan percaya diri pada anak-anak. Penilaian pada pra siklus memperoleh nilai rata-rata (34,45), pada siklus I memperoleh nilai rata-rata (64,6) dan siklus II ini memperoleh nilai rata-rata (91,95). Penelitian selanjutnya yaitu ingin menciptakan suasana pembelajaran yang kreatif, ceria, dan bervariasi dengan media audio visual agar anak-anak usia dini tidak mudah bosan saat berlatih tari di sanggar. ********* Self-confidence is an attitude or belief that a child must have in his or her learning to achieve his or her goals. Stimulus methods and demonstration methods in training activities in the gym can increase confidence in early childhood. Because this activity is very important, if a small degree of self-confidence is lacking, it will be feared that the child will grow up less confident in anything. This study aims for 1). He also described the application of stimulus methods and demonstration methods in dance learning to improve the child's confidence in Sanggar Puri Ranggatati Tangerang, 2). He also promoted the child's confidence through stimulus methods and demonstration methods in dance learning at Sanggar Puri Ranggatati Tangerang. The study used a class action research method using Kurt Lewin's action research design. Data collection techniques are performed using observations and field record methods using qualitative data analysis techniques of description and statistical quantification. The study was conducted on 10 children aged 4–6 in one of the Sanggar in Tangerang. The triangulation techniques that researchers use are triangulation methods, theories, and time. The results of this study show that there is increased confidence in children. The pre-cycle assessment received an average value (34.45), cycle I received an average value (64.6), and cycle II received an average value (91.95). Further research is to create a creative, cheerful, and varied learning atmosphere with audiovisual media so that early children do not get bored easily while practicing dance in the theater.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof.Dr. Elindra Yetti, M.Pd. ; 2). Dra. Kartika Mutiara Sari, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Kesenian > Seni Tari
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Tari
Depositing User: Users 16426 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2022 01:47
Last Modified: 16 Sep 2022 01:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35796

Actions (login required)

View Item View Item