PENINGKATAN EFEKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR ( Penelitian Tindakan Kelas Siswa Kelas III SD Negeri Petojo Utara 04 Petang Kecamatan Gambir Jakarta Pusat)

CHRISTIANA RATNA DEVITA, . (2009) PENINGKATAN EFEKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR ( Penelitian Tindakan Kelas Siswa Kelas III SD Negeri Petojo Utara 04 Petang Kecamatan Gambir Jakarta Pusat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (715kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (14kB)
[img] Text
Cover skripsi baru.pdf

Download (800kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (21kB)

Abstract

Dalam upaya membangkitkan kreativitas siswa untuk bereksplorasi gerak seoptimal mungkin perlu digunakan sebuah media pengajaran guna merangsang daya imajinasi siswa. Dalam pembelajaran seni tari peneliti memberikan rangsang gerak kepada siswa dengan menggunakan media gambar, karena kurangnya sarana dan prasarana pembelajaran di sekolah dan untuk lebih meminimalkan biaya dalam pembelajaran seni tari. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran seni tari melalui penggunaan media gambar yang dilakukan di sekolah SDN. Petojo Utara 04 Pt Jakarta Pusat khususnya pada anak kelas III, pada tahun pelajaran 2008-2009. Manfaat dari penelitian ini yaitu bagi guru dapat menambah wawasan dan mengembangkan proses pembelajaran seni tari, bagi siswa lebih aktif dan kreatif dan dapat membuat siswa senang dalam pembelajaran seni tari, bagi sekolah peningkatan mutu sekolah dan mempunyai nilai tambah. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan menggunakan Penelitian tindakan kelas yaitu yang dilakukan oleh guru di kelas atau di sekolah tempat mengajar, dengan penekanan pada penyempurnaan atau peningkatan praktik dan proses dalam pembelajaran. Dalam penelitian ini juga menggunakan model Stephen Kemmis dan Mc. Taggart dengan langkah sebagai berikut: Perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Belajar seni tari adalah serangkaian kegiatan jiwa raga untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman individu melalui praktek dan latihan yang berupa wujud. Wujud dimaksudkan cara mengekspresikan pengalaman melalui wujud, yang berupa gerak menari. Tari mempunyai arti penting dalam kehidupan manusia karena dapat memberikan berbagai manfaat, seperti sebagai sarana dan sarana komunikasi. kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk menghasilkan komposisi, produk, atau gagasan apa saja yang pada dasarnya baru dan sebelumnya tidak dikenal. Dengan membuat karya tari, kreativitas yang dimiliki oleh siswa dapat diekspresikan melalui gerak sesuai dengan ide, ciri khas (identitas) yang dimiliki siswa. Penggunaan media gambar akan menambah motivasi siswa untuk belajar juga membawa siswa ke dalam situasi belajar yang menyenangkan. Selain dari pada itu siswa akan lebih mudah menangkap dan menghayati pesan instruksional yang diberikan oleh guru melalui media gambar dari pada secara verbal. Peningkatan kreativitas siswa melalui penggunaan media gambar selama proses tindakan penelitian berlangsung dengan data siklus I uji perbedaan (uji-t) diperoleh terhitung =2,34. Maka nilainya berada disebelah kanan tabel 2,056 (  = 0,05), dengan menggunakan  = 0,05. dan siklus II data yang telah di analisis menyatakan bahwa uji perbedaan (uji-t) diperoleh nilai t hitung = 3,97. Maka nilainya berada disebelah kana dari tabel 2,056 (  = 0,05), dengan menggunakan  = 0,05. Berdasarkan perhitungan tersebut telah terjadi peningkatan kreativitas siswa pada penelitian tindakan kelas ini. Maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam pembelajaran seni tari yang dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas III SDN. Petojo Utara 04 Pt Jakarta Pusat. In attempt to rouse student’s creativity to optimally explore their movement might need a teaching tool to stimulate students imagination power. In learning dancing art, the researcher gave movement stimulus to students by using pictures, due to the equipment and its tools to support the learning in the school is limited and to minimize the cost in learning dancing art. This research aims the improvement of student’s creativity in learning dancing art through using pictures done in North Petojo 04 Pt. Center Jakarta State Elementary (SDN. Petojo Utara 04 Pt. Jakarta Pusat) especially 3 rd Grade Students of 2008-2009 academic year. This research’s benefit to teachers so they can expand their thoughts and develop learning dancing art process for students more actively and creatively and make the students enjoy the learning of dancing art; to the school is upgrading the school’s quality and its worth. The research was done using field observation done by the teacher in the classroom at the school which the learning happened, by stressing on improving the practice and teaching learning process. The research also used Stephen Kemmis and Mc Taggart model with steps as following : Planning, action, observation and reflection. Learning dancing art is a series of body and soul activity to achieve a behavioral change as a result of individual experience through practice and rehearsal through a form. Form is meant as expressing experience through dancing movement. Dancing has an important meaning in human’s life for it can give benefits, like as means of communication. Creativity is one’s ability to produce any composition, product or idea which is new or unknown. By making dancing art, students creativity is expressed through movement that represent ideas and specific identity of the students. The usage of picture will increase students motivation to learn and in addition to bring the students into a pleasant learning atmosphere. More over students will learn easier and understand every instructions given by the teacher better by using picture than just verbal. The students creativity improvement through the usage of picture in the research with I cycle data differences (uji-t), as following, counted as 2,34. That the value is on the right of 2,056 table (P=0,05) by using =0,05. And II cycle analyzed data stated that the differences (uji-t) counted as t equals 3,97. That the value is on the right of 2,056 table (P=0,05), by using =0,05. Base on the calculation, there was student’s creativity improvement in the class observation. In the end, the research shows that learning dancing art by using pictures can improve North Petojo 04 State Elementary Center Jakarta 3rd grade students’ creativity.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Elindra Yetti, M.Pd.
Subjects: Kesenian > Seni Tari
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Tari
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2022 05:18
Last Modified: 14 Sep 2022 05:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35797

Actions (login required)

View Item View Item