PENGEMBANGAN CD INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII SMP PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL

MIMI NUR HAJIZAH, . (2012) PENGEMBANGAN CD INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII SMP PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB II.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (53kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (245kB)
[img] Text
cover-daftar lampiran.pdf

Download (180kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (106kB)

Abstract

Kualitas pembelajaran matematika dapat ditingkatkan melalui penerapan strategi pembelajaran yang baik serta didukung dengan penggunaan media pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan menghasilkan CD interaktif sebagai media pembelajaran matematika untuk siswa kelas VIII semester 2 pada pokok bahasan lingkaran dengan pendekatan kontekstual. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Prosedur penelitian dan pengembangan ini terdiri dari lima tahap, yaitu: 1) analisis kebutuhan, 2) pengembangan produk, 3) validasi ahli, 4) uji coba lapangan skala kecil, dan 5) uji coba lapangan skala besar. Pada tahap analisis kebutuhan diperoleh hasil antara lain rata-rata siswa menganggap matematika merupakan pelajaran yang sulit (40%), salah satu materi yang dianggap sulit oleh siswa adalah lingkaran (45%), siswa menganggap materi pelajaran matematika perlu dikaitkan dengan situasi dalam kehidupan sehari-hari (91,7%), dan rata-rata siswa tertarik untuk belajar matematika dengan menggunakan CD pembelajaran (71,7%). Setelah diperoleh hasil pada tahap analisis kebutuhan, dilakukan pengembangan produk awal. Tahap selanjutnya adalah validasi ahli yang meliputi ahli materi dan bahasa serta ahli media pembelajaran. Pada tahap ini diperoleh masukan dan saran guna revisi produk awal sehingga layak digunakan untuk uji coba lapangan skala kecil yang dilanjutkan dengan uji coba lapangan skala besar. Hasil uji ahli materi dan bahasa memperoleh persentase sebesar 87,88% untuk indikator materi dan 81,91% untuk indikator bahasa. Hasil uji ahli media memperoleh persentase sebesar 87,86% untuk indikator tampilan, 82% untuk indikator navigasi, dan 80% untuk indikator interaktivitas. Hasil uji coba guru memperoleh persentase sebesar 92% untuk indikator materi, 97,14% untuk indikator bahasa, 90% untuk indikator tampilan, 88% untuk indikator navigasi, dan 100% untuk indikator interaktivitas. Hasil uji coba siswa memperoleh persentase sebesar 89,6% untuk indikator materi, 87,86% untuk indikator bahasa, 89,22% untuk indikator tampilan, 85% untuk indikator navigasi dan 90% untuk indikator interaktivitas. Perolehan persentase tersebut mendapatkan hasil interpretasi baik dan sangat baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa CD interaktif yang dikembangkan sudah layak untuk digunakan dan disebarluaskan sebagai media pembelajaran matematika pada pokok bahasan lingkaran dengan pendekatan kontekstual untuk siswa SMP kelas VIII.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Sri Sudaryati, M. Pd; 2). Drs. Swida Purwanto, M. Pd
Subjects: Geografi, Antropologi > Matematika Geografi, Kartografi
Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2022 05:48
Last Modified: 13 Sep 2022 05:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35807

Actions (login required)

View Item View Item