PENGAJARAN BIOLA DI SANGGAR MERAH PUTIH

NURUL ULFA AULIA, . (2022) PENGAJARAN BIOLA DI SANGGAR MERAH PUTIH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (548kB)
[img] Text
BAB II (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (941kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (663kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana metode pengajaran yang digunakan oleh Sanggar Merah Putih. Keunikan sanggar ini adalah menggunakan metode pengajaran tradisional pada alat musik yang berasal dari barat, yaitu biola. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode pencarian data untuk penelitian ini, peneliti melakukan observasi, kajian pustaka, dokumentasi, dan juga wawancara kepada beberapa narasumber diantaranya instruktur sanggar dan siswa di Sanggar Merah Putih yang dilakukan secara luring dan juga daring. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, Sanggar Merah Putih menerapkan beberapa metode, yaitu metode lisan, demonstrasi, dan imitasi dalam pengajarannya. Sanggar juga menerapkan teknik menghafal notasi lagu daripada membaca notasi. Instruktur menggunakan notasi angka dan juga solmisasi dalam pengajaran mereka, alih-alih menggunakan notasi balok seperti dalam pengajaran instrumen biola pada umumnya. Dengan teknik dan metode pengajaran seperti ini, mampu membuat anak lebih cepat menguasai alat musiknya. Sanggar Merah Putih memainkan banyak lagu dari berbagai genre, mulai dari lagu-lagu tradisional, Country, Irish, Pop, dan lain-lain. *** The purpose of this study is to find out how the teaching style used by Sanggar Merah Putih. The uniqueness of this sanggar is that it uses traditional teaching on musical instruments originating from the western, namely the violin. The research method used is a qualitative research method with a case study approach. The data search method for this study, researchers made observations, literature studies, documentation, and also interviews to several speakers including sanggar teachers and students at Sanggar Merah Putih which were carried out offline and also online. The results obtained in this study, Sanggar Merah Putih applied several methods, namely oral methods, demonstrations, and imitations in its teaching. sanggar also applies the technique of memorizing the notation of songs instead of reading the notation. Teachers use number notation and also solmization in their teaching, instead of using block note scores as in the teaching of violin instruments in general. With teaching techniques and methods like this, it is able to make children faster to master their musical instruments. Sanggar Merah Putih plays many songs from various genres, ranging from traditional songs, Country, Irish, Pop, and others.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Hery Budiawan, S.Pd., M.Sn
Subjects: Seni Musik > Musik
Seni Musik > Literatur Musik
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Users 16445 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2022 01:49
Last Modified: 15 Sep 2022 01:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35822

Actions (login required)

View Item View Item