PENGARUH STRATEGI PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA ARAB (Penelitian Eksperimen Pada Siswa Kelas X di SMA Muhammadiyah 23 Jakarta)

AENI RUFAEDAH, . (2022) PENGARUH STRATEGI PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA ARAB (Penelitian Eksperimen Pada Siswa Kelas X di SMA Muhammadiyah 23 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1. pdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2. pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3. pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4. pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5. pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA. pdf.pdf

Download (828kB)
[img] Text
LAMPIRAN. pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMA Muhammadiyah 23 Jakarta, dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh strategi pq4r dalam meningkatkan keterampilan membaca (qiraah) siswa di SMA Muhammadiyah 23 Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan sampelnya 2 kelas dari kelas X, yang terdiri dari 28 siswa kelas eksperimen dan 26 siswa kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampling purposive. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir yang berjumlah 25 soal berupa pilihan ganda, dengan Teknik analisis data menggunakan Uji-t pada taraf signifikan α = 0,05. Uji-t dilakukan setelah melakukan uji normalitas dan homogenitas. Setelah dilakukan Uji Normalitas dengan hasil normal, uji homogenitas dengan data yang homogen, dan uji hipotesis dengan uji-t maka nilai thitung yang diperoleh 17,047. sedangkan harga ttabel pada taraf signifikan α = 0,05 dan derajat kebebasan (n-2) = 52 adalah sebesar 2,008. Maka, nilai thitung > ttabel. Dengan demikian hipotesis (H0) yang menyatakan tidak ada pengaruh pengaruh strategi pq4r dalam meningkatkan keterampilan membaca (qiraah) siswa di SMA Muhammadiyah 23 Jakarta ditolak. Sedangkan hipotesis (H1) yang menyatakan ada pengaruh strategi pq4r dalam meningkatkan keterampilan membaca (qiraah) siswa di SMA Muhammadiyah 23 Jakarta diterima. Maka penggunaan strategi pq4r dalam pembelajaran Bahasa arab dapat meningkatkan kemahiran membaca (qiraah) siswa. Oleh karena itu, pegajaran membaca Bahasa arab dengan strategi pq4r dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa.   This research was conducted at SMA Muhammadiyah 23 Jakarta, with the aim of knowing how the influence of the pq4r strategy in improving students' reading skills (qiraah) at muhammadiyah 23 senior high school jakarta. The method used in this research is the experimental method. The population of this study were all students of class X and the samples were 2 classes of class X, which consisted of 28 students in the experimental class and 26 students in the control class. Sampling was done by purposive sampling. The instrument used is a final test which consists of 25 questions in the form of multiple choice, with data analysis technique using t-test at a significant level of = 0.05. The t-test was performed after performing normality and homogeneity tests. After the normality test with normal results, homogeneity test with homogeneous data, and hypothesis testing with t-test, the tcount value obtained is 17.047. while the value of ttable at a significant level = 0.05 and degrees of freedom (n-2) = 52 is 2.008. So, the value of tcount > ttable. Thus the hypothesis (H0) which states that there is no effect of the pq4r strategy in improving students' reading skills (qiraah) at muhammadiyah 23 senior high school jakarta is rejected. While the hypothesis (H1) which states that there is an effect of the pq4r strategy in improving students' reading skills (qiraah) at muhammadiyah 23 senior high school jakarta is accepted. So the use of the pq4r strategy in learning Arabic can improve students' reading skills (qiraah). Therefore, teaching Arabic reading with the pq4r strategy can improve students' reading skills.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr.Mohamad Sarip, M.A. ; 2). Hendrawanto, M.Pd, M.A.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 15808 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2022 02:04
Last Modified: 20 Sep 2022 02:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35825

Actions (login required)

View Item View Item