MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR PADA SISWA KELAS IV SDN MENTENG ATAS 12 PAGI JAKARTA SELATAN

ONIK PURWANTI, . (2010) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR PADA SISWA KELAS IV SDN MENTENG ATAS 12 PAGI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB II skripsiku.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB IV skripsiku BENAR.pdf

Download (792kB)
[img] Text
BAB III skripsiku (Repaired) benar.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB V skripsiku.pdf

Download (46kB)
[img] Text
bagian awal skripsi.pdf

Download (192kB)
[img] Text
cover skripsi.pdf

Download (32kB)
[img] Text
BAB 1 skripsiku.pdf

Download (117kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar IPA mengenai wujud benda dan sifatnya melalui penerapan model pembelajaran siklus belajar di kelas IV SDN Menteng Atas 12 Pagi Jakarta Selatan. Penelitian dilaksanakan di SDN Menteng Atas 12 Pagi Jakarta Selatan. Khususnya di kelas IV pada semester pertama tahun pelajaran 2010/2011. Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Suharsimi Arikunto dengan empat tahap setiap siklusnya yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, tindakan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan data yang diperoleh dari proses pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran siklus belajar pada siklus pertama sebesar 60,93%. Hasil instrumen pemantau tindakan guru siklus I pertemuan ke 1 sebesar 62,25 %, pertemuan ke 2 sebesar 75,00%. Sedangkan hasil instrumen pemantau tindakan siswa pertemuan ke 1 56,25%, pertemuan ke 2 68,75%. Hasil belajar siklus II sebesar 78,33%. Hasil instrument pemantau tindakan guru siklus II pertemuan ke 1 87,50%, pertemuan ke 2 93,75%. Hasil instrumen pemantau tindakan siswa siklus II pertemuan ke 1 sebesar 81,25%, pertemuan ke 2 sebesar 93,75%. Dengan demikian pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran siklus belajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Implikasi hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran siklus belajar dapat dijadikan sebagai salah satu model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar IPA mengenai materi wujud benda dan sifatnya. ***** The purpose of this research is to improve learning outcomes form IPA about solids, liquids and gases through the application of the learning cycle model of learning in class IV Top 12 Morning SDN Menteng Jakarta Selatan. Research conducted at SDN Menteng Jakarta Morning Top 12 South. Especially in grade IV in the first half of the school year 2010/2011. The research method is a Class Action Research using the model Suharsimi Arikunto with four stages of each cycle is planning, execation, action, observation/observation, and reflection. The results showed that data obtained from the learning process to improve learning outcomes by implementing learning model the learning cycle in the first cycle of 60.93%. Results instrument monitors the actions of teachers meeting the first cycle to 1 for 62.25%, meeting into 2 equal to 75.00%. While the results of monitoring instrument measures students' attendance to a 56.25%, 68.75% 2nd meeting. Second cycle learning outcomes of 78.33%.Results instrument monitors the actions of teachers meeting the second cycle to 1 87.50%, 93.75% 2nd meeting. Results monitoring instrument measures students' attendance to a second cycle of 81.25%, meeting the 2 of 93.75%. Thus learning by implementing learning model the learning cycle to improve student learning outcomes. The implications of this research is that the implementation of the learning cycle of learning model can be used as one model of teaching to improve learning outcomes science of matter and nature objects

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Sutrisno ; 2). Dra. Marwati Mansyur, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2022 06:49
Last Modified: 14 Sep 2022 06:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35912

Actions (login required)

View Item View Item