MODEL KAMUS KONTEKSTUAL ARAB-INDONESIA ISTILAH-ISTILAH PENDIDIKAN BERBASIS FLIPBOOK (PENELITIAN PENGEMBANGAN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA)

NURDIANSYAH, . (2022) MODEL KAMUS KONTEKSTUAL ARAB-INDONESIA ISTILAH-ISTILAH PENDIDIKAN BERBASIS FLIPBOOK (PENELITIAN PENGEMBANGAN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (332kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Mengingat pentingnya kosakata bahasa arab, seorang pelajar harus berusaha menguasainya, serta mempelajari kosakata tersebut melalui media kamus bahasa Arab beserta makna yang disusun secara teratur berdasarkan sistematika tertentu yang dipilih oleh penyusun kamus untuk mempermudah penggunaan atau pembaca dalam memahami makna dan informasi tentang kata yang dicari. Salah satu cara untuk mempermudah yakni dengan cara mengembangkan kamus konvensional menjadi kamus kontekstual ke dalam aplikasi fllipbook. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk kamus kontekstual Arab-Indonesia istilah pendidikan berbasis aplikasi Flipbook bagi mahasiswa angkatan 2019 program studi Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian gabungan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Ada empat tahap yang dilalui yaitu analisis kebutuhan, desain produk, pengembangan produk, dan evaluasi produk. Peneliti membatasi Langkah-langkah metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu: 1) Analisis kebutuhan mahasiswa tahun 2019 program studi Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Negeri Jakarta, 2) Merancang produk, 3) Mengembangkan produk berdasarkan hasil penilaian produk dari para ahli, Universitas Negeri Jakarta, 4) Mengevaluasi produk berdasarkan hasil respons mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi lapangan dan angket kuisioner. Penelitian ini dilakukan di Rawamangun, Kecamatan Pulo Gadung, Jakarta Timur, Penelitian dimulai dari tanggal 01 Mei 2022 sampai dengan 07 Juli 2022. Berdasarkan analisis kebutuhan yang diperoleh dari sampel data 43 mahasiswa angkatan 2019 Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta, hasil tersebut menunjukkan bahwa sebanyak 43 mahasiswa (90,3%) merasa setuju dengan adanya kamus Bahasa Arab Indonesia Istilah Pendidikan yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat memudahkan pemahaman Bahasa Arab Indonesia dalam istilan pendidikan serta sebagian besar siswa dengan jumlah 43 siswa yang belajar bahasa arab menjawab 72,7% “Ya” dan 27,23% “Tidak”. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Media Pembelajaran Kamus kontekstual Arab Indonesia istilah pendidikan berbasis flipbook bagi Mahasiswa Jurusan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta Sangat Layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran di kelas, khususnya pada kondisi pembelajaran jarak jauh. Hasil ini didasarkan dari proses penilaian yang dilakukan oleh Ahli Materi dan Ahli Media melalui kuisioner, serta penilaian tanggapan siswa setelah ك menggunakan kamus kontekstual bahasa Arab Indonesia istilah pendidikan. Given the importance of Arabic vocabulary, a learner should try to master it, as well as learn the vocabulary through the medium of an Arabic dictionary along with meanings that are arranged regularly based on certain systematics chosen by the compiler of the dictionary to make it easier to use or readers in understanding the meaning and information about the word being searched. One way to make it easier is by developing a conventional dictionary into a contextual dictionary into a fllipbook application. This study aims to develop a contextual Arabic-Indonesian dictionary product of flipbook application-based educational terms for students of the class of 2019 Arabic Language Education study program, Jakarta State University. This research uses a joint research method of Research and Development (R&D) with the ADDIE development model. There are four stages that go through, namely needs analysis, product design, product development and product evaluation. Researchers limit the steps of the methods used in this study, namely: 1) Analysis of student needs in 2019 Arabic Language Education study program, Jakarta State University, 2) Designing products, 3) Developing products based on product assessment results from experts, 4) Evaluating products based on student response results. Data collection techniques used through field observations and questionnaire questionnaires. This research was conducted in Rawamangun, Pulo Gadung District, East Jakarta, a special capital region of Jakarta. The study started from May 01, 2022 to July 07, 2022. . Based on the needs analysis obtained from a sample of data from 43 students of the class of 2019 Arabic Language Education Study Program, State University of Jakarta, the results showed that as many as 43 students (90.3%) agreed with the existence of a dictionary of Indonesian Arabic Educational Terms that can be used as a learning medium that can facilitate the understanding of Indonesian Arabic in educational settings and most of the students with a total of 43 students who learn Arabic answered 72.7% "Yes" and 27.23% "No". The results of this study show that the Indonesian Arabic contextual dictionary Learning Media, a flipbook-based educational term for Students of the Arabic Department, State University of Jakarta, is very feasible to be used as a learning medium in the classroom, especially in distance learning conditions. These results are based on the assessment process carried out by Material Experts and Media Experts through questionnaires, as well as assessment of student responses after using a contextual dictionary of Indonesian Arabic educational terms.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Chakam Failasuf. M.Pd ; 2). Andri Ilham.MA.Hum
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 16247 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2022 03:03
Last Modified: 15 Sep 2022 03:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35943

Actions (login required)

View Item View Item