PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN MOCA (MONOPOLI PANCASILA) BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MUATAN PPKN KELAS IV SEKOLAH DASAR

MUTHIA AMALUSHOLIHA ANNASRI, . (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN MOCA (MONOPOLI PANCASILA) BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MUATAN PPKN KELAS IV SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (718kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (252kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa media permainan MOCA (Monopoli Pancasila) pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas IV Sekolah Dasar. Responden dalam penlitian ini terdiri dari uji ahli yaitu 1 orang ahli media, 1 orang ahli, 1 orang ahli materi dan 1 orang ahli bahasa serta uji pengguna yang melalui 3 tahapan, yaitu tahap one to one dengan 3 peserta didik, small group dengan 7 peserta didik, dan tahap field test dengan 18 peserta didik kelas IV Sekolah Dasar di SDN Gendong 08 Pagi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ASSURE. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan kuesioner. Hasil uji coba pengembangan media permainan MOCA kepada para ahli diperoleh nilai rata-rata 97,64% untuk ahli media, 92,72% untuk ahli materi dan 87,27% untuk ahli bahasa. Hasil uji coba pengguna 97,22% untuk tahap one to one, 97,61% untuk tahap small group, dan 93,51% untuk tahap field test. Hal ini menunjukkan bahwa media permainan MOCA termasuk ke dalam kategori “sangat baik” sehingga layak digunakan sebagai media pendukung dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Tema 4 “Berbagai Pekerjaan” kelas IV Sekolah Dasar. ---------- This research and development aim to product learning media in the form of MOCA (Monopoli Pancasila) game media in the learning of Pancasila Education and Citizenship class IV Elementary School. Respondents in this development consisted of expert tests, namely one media expert, one expert, one material expert and one linguist and user test that went through 3 stages, namely stage one to one with three learners, small group with seven learners, and field test stage with eighteen elementary school class IV learners at SDN Gendong 08 Pagi. The research method used is research and development (R&D) using the ASSURE model. The data collection techniques used are observations and questionnaires. Moca game media development trial results To experts obtained an average score of 97.64% for media experts, 92.72% for materials experts and 87.27% for linguists. User trial results 97.22% for the one to one stage, 97.61% for the small group stage, and 93.51% for the field test stage. This shows that the media of the game MOCA falls into the category of "excellent" so it is worth it used as a supporting medium in the learning of Pancasila Education and Citizenship Theme 4 "Various Occupations" class IV Elementary School.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Linda Zakiah, S.Pd., M.Pd. ; 2). Drs. AR Supriyatna, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 16390 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2022 04:12
Last Modified: 16 Sep 2022 04:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36056

Actions (login required)

View Item View Item