PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF GENERASI X KANTOR BERITA ANTARA PADA PENGGUNAAN PROMOSI POTONGAN HARGA DI APLIKASI DOMPET DIGITAL

ANGELITA KANIA RAMDAN, . (2022) PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF GENERASI X KANTOR BERITA ANTARA PADA PENGGUNAAN PROMOSI POTONGAN HARGA DI APLIKASI DOMPET DIGITAL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (632kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (270kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (288kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Selama empat tahun belakangan, tren penggunaan dompet digital terus berkembang, khususnya di Indonesia. Para pelaku bisnis dompet digital terus meningkatkan kualitas untuk mampu bersaing di pasar dompet digital, salah satunya dengan memberikan penawaran-penawaran promosi. Sayangnya, indeks literasi digital di Indonesia masih relatif rendah. Padahal, keterampilan literasi digital dibutuhkan dalam penggunaan dompet digital sebagai perangkat digital yang banyak digunakan. Literasi digital yang buruk dapat menyebabkan dampak negatif, salah satunya adalah perilaku konsumtif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi digital terhadap perilaku konsumtif Generasi X di Kantor Berita ANTARA pada penggunaan promosi potongan harga layanan pesan-antar makanan online yang ditawarkan aplikasi dompet digital. Konsep literasi digital yang digunakan dalam penelitian ini adalah model literasi digital milik Paul Gilster, sedangkan konsep perilaku konsumtif yang digunakan adalah aspek-aspek perilaku konsumtif milik Lestarina et al. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah 157 orang Generasi X di Kantor Pusat Perum LKBN ANTARA yang merupakan pengguna aktif dompet digital. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling sensus, sehingga seluruh populasi adalah sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Generasi X di Kantor Berita ANTARA mampu mengoperasikan aplikasi dompet digital dan layanan pesan-antar makanan online sebagai jenis dari perangkat digital, khususnya dalam menggunakan promosi potongan harga. Dengan kata lain, Generasi X di Kantor Berita ANTARA sudah terampil dalam menggunakan, membaca dan memahami promosi potongan harga yang ditawarkan oleh aplikasi dompet digital untuk layanan pesan-antar makanan online. Walaupun sudah terampil dalam mengoperasikan perangkat digital, Generasi X di Kantor Berita ANTARA memiliki perilaku yang konsumtif dalam penggunaan promosi potongan harga layanan pesan-antar makanan online. Generasi X di Kantor Berita ANTARA membeli produk makanan melalui layanan pesan-antar makanan online hanya karena dorongan promosi potongan harga yang ditawarkan di aplikasi dompet digital, bukan berdasarkan kebutuhan dan keguanaan dari produk makanan tersebut. Literasi digital berpengaruh cukup kuat dan signifikan terhadap perilaku konsumtif Generasi X di Kantor Berita ANTARA pada penggunaan promosi potongan harga di aplikasi dompet digital untuk menggunakan jasa pesan-antar makanan online. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setiap peningkatan pada literasi digital akan diikuti dengan peningkatan perilaku konsumtif. ***** Over the past four years, the trend of using digital wallets has continued to grow, especially in Indonesia. Digital wallet business players continue to improve their quality to be able to compete in the digital wallet market, one of which is by providing promotional offers. Unfortunately, the digital literacy index in Indonesia is still relatively low. In fact, digital literacy skills are needed in the use of digital wallets as a widely used digital device. Poor digital literacy can cause negative impacts, one of which is consumptive behavior. This study aims to determine the effect of digital literacy on the consumptive behavior of Generation X at the ANTARA News Agency on the use of discounted promotions for online food delivery services offered by the digital wallet application. The concept of digital literacy used in this study is Paul Gilster's digital literacy model, while the concept of consumptive behavior used is aspects of consumptive behavior belonging to Lestarina et al. This study uses a quantitative approach with a survey method. The population in this study was 157 people of Generation X at the Head Office of Perum LKBN ANTARA who are active users of digital wallets. The sampling technique used is census sampling technique, so that the entire population is a sample. The results show that Generation X at the ANTARA News Agency is able to operate digital wallet applications and online food delivery services as a type of digital device, especially in using discount promotions. In other words, Generation X at the ANTARA News Agency is skilled in using, reading and understanding the price discounts offered by digital wallet applications for online food delivery services. Even though they are skilled in operating digital devices, Generation X at the ANTARA News Agency has a consumptive behavior in using discounted prices for online food delivery services. Generation X at the ANTARA News Agency buy food products through online food delivery services only because of the promotion of discounted prices offered in digital wallets, not based on the needs and uses of these food products. Digital literacy has a strong and significant effect on the consumptive behavior of Generation X at the ANTARA News Agency on the use of discount promotions in digital wallets to use online food delivery services. The results of this study indicate that every increase in digital literacy will be followed by an increase in consumptive behavior.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Kinkin Yuliaty Subarsa Putri, M.Si ; 2). Marisa Puspita Sary, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 16196 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2022 05:38
Last Modified: 23 Sep 2022 05:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36059

Actions (login required)

View Item View Item