PENGEMBANGAN SET PRAKTIKUM FARADAY PADA MATERI INDUKSI ELEKTROMAGNETIK UNTUK SISWA SMA

ANA AMELIA, . (2016) PENGEMBANGAN SET PRAKTIKUM FARADAY PADA MATERI INDUKSI ELEKTROMAGNETIK UNTUK SISWA SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Pengembangan Set Praktikum Faraday Pada Materi Induksi Elektromagnetik untuk Siswa SMA_compressed.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan set praktikum mengenai hukum Faraday pada materi induksi elektromagnetik. Metode penelitian yang digunkan adalah metode penelitian pengembangan (research and development) mengacu pada rumusan Borg and Gall. Penelitian diawali dengan studi lapangan yang meliputi: studi analisis kebutuan dengan jumlah responden sebanyak 30 siswa, observasi alat praktikum sekolah menengah atas, observasi alat praktikum hasil pengembangan serta studi literatur. Set praktikum Faraday hasil pengembangan telah divalidasi oleh dua dosen ahli materi dengan hasil 87,5 % yang diinterpretasikan sangat baik, dan dua dosen ahli media dengan hasil sebesar 82,89% yang diinterpetasikan sangat baik. Hasil kuisioner uji coba guru sebesar 91,67% dan hasil kuisioner uji coba oleh siswa sebesar 81,18% yang kedunya diinterpretasikan sangat baik. Pretest dan postest diberikan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa yang diuji dengan menggunakan uji Gain ternormalisasi. Hasil rata-rata Gain score sebesar 0,76 dengan interpretasi tinggi. Sehingga dari hasil uji validasi dan uji gain maka dapat disimpulkan bahwa penelitian telah dapat mengembangakan set praktikum untuk percobaan Faraday pada matei induksi elektromagnetik yang layak digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Cecep E. Rustana, Ph.D ; 2). Dr. Esmar Budi, M. T
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Fisika
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2022 06:16
Last Modified: 16 Sep 2022 06:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36077

Actions (login required)

View Item View Item