MENINGKATKAN KEMAMPUAN EKSPLORASI GERAK TARI DENGAN METODE KARYA WISATA PADA SISWA REMAJA SANGGAR TARI SEKAR PUTRI DI DEPOK JAWA BARAT

AFRIDHA SYELLA YULIAMANESTI, . (2022) MENINGKATKAN KEMAMPUAN EKSPLORASI GERAK TARI DENGAN METODE KARYA WISATA PADA SISWA REMAJA SANGGAR TARI SEKAR PUTRI DI DEPOK JAWA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (840kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (496kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (540kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Siswa Sanggar Sekar Putri belum dapat melakukan eksplorasi gerak tari dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan metode Karya Wisata untuk peningkatan kemampuan eksplorasi gerak tari serta untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam kemampuan eksplorasi gerak tari. Penelitian dilakukan karena kemampuan ekaplorasi gerak siswa di sanggar Sekar Putri Depok rendah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan dari Kemmis dan Mc Taggart dengan penerapan metode pembelajaran Karya Wisata. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan,tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan tes. Penelitian melibatkan kolaborator untuk melakukan penilaian dan evaluasi hasil dari metode Karya Wisata untuk meningkatkan kemampuan eksplroasi gerak tari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Karya Wisata dapat meningkatkan kemampuan eksplorasi gerak tari pada siswa remaja berdasarkan hasil nilai pra- siklus 49,8, siklus I meningkat menjadi 65,9, dan siklus II menjadi 81,2. The students of Sanggar Sekar Putri have not been able to explore dance moves well. This study aims to describe the field trip method's application process to enhance the ability to explore dance moves and improve students' ability to explore dance moves. The study was conducted because the Sanggar Tari Sekar Putri Depok (Sekar Putri Dance Studio in Depok) students' ability to explore dance moves was low. Kemmis' and Mctaggart's action research method, as well as the application of the field trip learning method, was used in this study. This study was conducted in two cycles, with each cycle consisting of four stages: planning, action, observation, and reflection. Observation, interviews, and tests were used as the data collection techniques. The study involved collaborators in assessing and evaluating the field trip method's outcomes to improve the ability to explore dance moves. The results showed that the field trip method's application could improve the teenage students' ability to explore dance moves based on the results of the pre-cycle score of 49.8, with the first cycle increased to 65.9, and the second cycle increased to 81.2.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Dwi Kusumawardani,M.Pd. 2). Dra. Rahmida Setiawati, MM.
Subjects: Kesenian > Seni Tari
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Tari
Depositing User: Users 16460 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2022 05:26
Last Modified: 21 Sep 2022 05:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36134

Actions (login required)

View Item View Item