PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 12 JAKARTA

DENDI DARUSSALAM, . (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 12 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (934kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 12 Jakarta, pada tanggal 2 Mei sampai dengan Juni 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran penemuan terhada[ hasil belajar bahasa Arab siswa kelas X SMA Muhammadiyah 12 Jakarta. Peneliti menggunakan metode eksperimen, dan metode ini dilakukan di dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, dan untuk kelas eksperimen X MIPA 1 berjumlah 30 siswa, yang diajarkan menggunakan model pembelajaran penemuan, dan untuk kelas kontrol X MIPA 2, berjumlah 30 siswa, yang diajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran penemuan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 10 SMA Muhammadiyah 12 Jakarta dengan jumlah siswa yaitu 150 siswa, adapun teknik pengambilan sampel ini adalah purposive sampling dikatakan purposive sampling karena cara pengambilan sampel ditentukan dengan beberapa pertimbangan. Berdasarkan hasil analisis data dan hasil uji validitas dengan menggunakan uji t, ditemukan bahwa: terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran penemuan terhadap hasil belajar bahasa Arab kelas X SMA Muhammadiyah 12 Jakarta. Berdasarkan hasil uji t pada tingkat signifikan 0,05 t hitung (1,708) dan t tabel pada tingkat signifikan 0,05 (1,679), t hitung lebih besar dari t tabe, t hitung (1,708)>(1697), hipotesis penelitian (H1) lebih besar dari hipotesis nol (H0), hipotesis (H0) dapat diterime dan hipotesis (H1) dapat di terima, artinya ada perbedaan yang mempengaruhi hasil rata-rata belajar bahasa arab dengan menggunakan model pembelajaran penemuan di antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. This research was held at Mohammadiyah High School 12 Jakarta, and from May 2 to June 2022. The research aims to obtain the impact of using learning models by discovering the results of learning Arabic for 10th graders of Mohammadiyah High School 12 Jakarta. The researcher used the experimental method, and this method was carried out in two classes, namely the experimental class and the control class, and for the experimental class X MIPA 1 totaling 30 students, who were taught using the discovery learning model, and for the control class X MIPA 2, totaling 30 students, which taught without using the discovery learning model. The population in this study were 10th grade students of SMA Muhammadiyah 12 Jakarta with a total of 150 students, while the sampling technique used was purposive sampling because the sampling method was determined by several considerations. Based on the results of data analysis and the results of the validity test using the t-test, it was found that: there is an effect of using the discovery learning model on the Arabic language learning outcomes of class X SMA Muhammadiyah 12 Jakarta. Based on the results of the t test in the importance score of 0.05 account (1,708) and t table at the level of importance 0.05 (1,679), this t account is greater than table t, t account (1,708) > t table (1,697), the research hypothesis (H1) is greater than the zero hypothesis (H0), the hypothesis hypothesis (H0) is acceptable and the researcher hypothesis (H1) is acceptable, meaning that there are differences affecting the average results of learning Arabic using the learning model by discovering the separation between them Experimental and controlled separation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Aceng Rahmat, M.Pd. ; 2). Dr. Nuruddin, M.A.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 15979 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2022 05:12
Last Modified: 19 Sep 2022 05:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36141

Actions (login required)

View Item View Item