HUBUNGAN KECEMASAN BERBAHASA TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB (Penelitian Korelasional pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta)

NABILA RASYIDAH, . (2022) HUBUNGAN KECEMASAN BERBAHASA TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB (Penelitian Korelasional pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (837kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (980kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (678kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data tentang hubungan antara kecemasan berbahasa terhadap hasil belajar keterampilan berbicara bahasa Arab pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta tahun akademik 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta angkatan 2020 dari 3 kelas yang telah mengambil mata kuliah Kalam Mutawasith yang berjumlah 60 siswa dan diambil sampel sebanyak 53 siswa dengan menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket Foreign Language Speaking Anxiety Scale (FLSAS). Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecemasan berbahasa terhadap hasil belajar keterampilan berbicara bahasa Arab, diperoleh nilai koefisien korelasi rxy sebesar 0,299 dan kontrubusi variabel x terhadap variabel y sebesar 9% sedangkan sisanya 91% dipengaruhi faktor lain. Hasil uji signifikansi korelasi menunjukkan nilai t-hitung = 2.240 dengan t(50;0,025) = 2,009. Kata Kunci: Kecemasan Berbahasa, Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Bahasa Arab, Studi Korelasional. This research aims to obtain data on the relationship between language anxiety and Arabic speaking skills study result in the Arabic Language Education Study Program State University of Jakarta academic year 2021/2022. The method used in this study is a correlational method. The population in this study was a student Department of Arabic Education Jakarta State University, class of 2020 from 3 classes who had taken the Kalam Mutawasith course which amounted to 60 students and sampled as many as 53 students using simple random sampling techniques. The data collection methods used are questionnaires Foreign Language Speaking Anxiety Scale (FLSAS). The data analysis technique used to test hypotheses is the Pearson Product Moment correlation technique. The results showed that there was a positive and significant relationship between language anxiety and Arabic speaking skills study result, obtained a correlation coefficient value of rxy of 0,299 and the construction of variable x to variable y by 9% while the remaining 91% was influenced by other factors. Correlation significance test results show tcount value = 2.240 with t(50;0,025) = 2,009. Keywords: Language Anxiety, Arabic Speaking Skill Study Result, Correlational Research.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Mohamad Sarip, M.A. ; 2). Ahmad Marzuq, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 16555 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2022 02:15
Last Modified: 21 Sep 2022 02:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36232

Actions (login required)

View Item View Item