EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL EHON TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS MAHASISWA

KURNIA ASMARA DETA, . (2013) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL EHON TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS MAHASISWA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (138kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (377kB)
[img] Text
BAB I-BAB 5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Menulis merupakan kemampuan berbahasa yang memiliki tingkat kesulitan yang kompleks karena penulis dituntut untuk menuangkan ide pikiran serta gagasan dalam bentuk tertulis yang menggunakan kosakata, ungkapan, pola kalimat, dan cara penulisan yang tepat. Dalam pembelajaran bahasa Jepang, pembelajaran menulis terdapat dalam mata kuliah Sakubun (mengarang) yaitu membuat kalimat yang akan disusun menjadi sebuah paragraf atau wacana dalam bahasa Jepang. Penggunaan media dalam pembelajaran Sakubun dibutuhkan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa. Dalam penelitian ini, penulis mengujicobakan media Digital Ehon yang merupakan pengembangan media dari buku cerita bergambar yang telah dimodifikasi sedemikian rupa oleh 国際デジタル絵 本学会 (International Digital Ehon Association), sehingga dapat diaplikasikan dengan komputer dan menjadi media pembelajaran yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media Digital Ehon dalam pembelajaran Sakubun I pada mahasiswa semester III tahun akademik 2013/2014 Jurusan Bahasa Jepang Universitas Negeri Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen murni (true experimental). Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control group design yang dilakukan padamasing-masing kelas eksperimen dan kelas kontrol sebanyak empat kali pertemuan. Sampel yang digunakan adalah kelas B (eksperimen) dan kelas C (kontrol). Kelas eksperimen mendapat perlakuan dengan media Digital Ehon (menyimak dan menulis), sedangkan kelas kontrol mendapat perlakuan dengan teks cerita dongeng (membaca dan menulis). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes dan non-tes. Instrumen tes berupa tes menulis karangan dan instrumen non-tes berupa angket dengan menggunakan Skala Likert, angket refleksi diri siswa, dan observasi pengamat. Berdasarkan hasil analisis data, pembelajaran Sakubun dengan Digital Ehon lebih efektif dibandingkan dengan teks cerita dongeng. Berdasarkan angket dengan Skala Likert dan angket evaluasi dan refleksi diri, media Digital Ehon dapat mengembangkan imajinasi dalam mengarang, sehingga pembelajaran Sakubun menjadi lebih menarik serta dapat menambah wawasan mahasiswa tentang dongeng Jepang

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Yuniarsih, M. Hum. , M. Ed.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2022 05:46
Last Modified: 21 Sep 2022 05:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36244

Actions (login required)

View Item View Item