PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK BERBASIS VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA KELAS 1 SEKOLAH DASAR

ALIFATUL UMAH, . (2022) PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK BERBASIS VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA KELAS 1 SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
cover (2).pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab1.pdf

Download (199kB)
[img] Text
bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text
bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (704kB) | Request a copy
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (170kB)
[img] Text
LAMPIRAN (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan ialah suatu proses pencapaian dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki oleh anak. Terdapat empat keterampilan berbahasa yang dimiliki oleh peserta didik yaitu keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Keterampilan membaca memiliki pengaruh lebih tinggi dalam proses meningkatkan kemampuan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui tingkat keefektifan media big book dalam keterampilan membaca permulaan. Data yang diperoleh berasal dari peserta didik kelas 1 SD Swasta Arya Jaya Sentika sebanyak 20 peserta. Metode yang digunakan untuk pengembangan Media Big Book adalah Metode Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (RnD) . Hasil uji coba expert review ini memperoleh skor rata-rata 85,81%. Hal ini dapat diartikan Pengembangan Media Big Book layak digunakan dalam pembelajaran karena memberikan pembelajaran yang lebih efektif dan fesien. Hasil uji coba pengguna tahap small group dan tahap field test mendapatkan skor 91,55% . Hal ini menunjukkan bahwa pengembangan media Big Book berbasis vidio animasi masuk ke dalam kategori “Sangat Baik” sehingga layak digunakan dalam pembelajaran keterampilan membaca permulaan pada kelas 1 sekolah Dasar karena memberikan pembelajaran yang lebih efektif dan fesien. ***** Education is a process of achievement in developed the knowledge and skills possessed by children. There are four language skills possessed by students, namely listening, speaking, reading, and writing skills. Reading skills have a higher influence in the process of improving students abilities. This study to develop and determine the level of effective of big book media in beginning reading skills. The data obtained come from the first grade students of Arya Jaya Sentika Private Elementary School as many as 20 participants. The method used for the development of Big Book Media is the Research and Development (RnD) method. The results of this expert review trial obtained an average score of 85,81%. This means that Big Book Media Development is feasible to use in learning because it provides more effective learning and fashion. The result of the user trial the small group stage and the field test stage got a score of 91.55%. This shows that the development of animated video-based Big Book media is in the "Very Good" category so it's appropriate to use it in learning early reading skills in grade 1 elementary school because it provides more effective and efficient learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Fahrrurozi, M.Pd. ; 2). Dr. Waluyo Hadi, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 16282 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2022 01:29
Last Modified: 23 Sep 2022 01:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36299

Actions (login required)

View Item View Item