IDENTIFIKASI DAYA TERIMA KONSUMEN TERHADAP CENDOL DENGAN PENAMBAHAN KULIT BUAH NAGA

HERMAWATIE R, . (2012) IDENTIFIKASI DAYA TERIMA KONSUMEN TERHADAP CENDOL DENGAN PENAMBAHAN KULIT BUAH NAGA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Hermawatie 13 Februari 2012.pdf

Download (2MB)

Abstract

Cendol merupakan salah satu jenis minuman tradisional Indonesia dengan bahan baku berupa tepung beras, tepung hunkue dan tepung sagu aren yang mengandung karbohidrat. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi daya terima konsumen terhadap cendol dengan penambahan kulit buah naga. Penelitian dilakukan di Laboratorium Pengolahan Pangan, Program Studi Tata Boga, Jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta. Waktu pelaksanaan penelitian dilaksanakan dari bulan September - Januari 2012. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan populasi adalah cendol yang diberi persentase penambahan kulit buah naga dan sampel adalah cendol yang diberi persentase penambahan kulit buah naga yang berbeda, yaitu: 20%, 25% dan 30%. Instrumen yang digunakan adalah uji organoleptik yang dilakukan oleh 5 orang panelis ahli dan 100 orang panelis agak terlatih untuk menilai rasa, warna, aroma dan tekstur. Instrumen yang digunakan adalah lembar penilaian skala mutu hedonik dengan rentangan skala lima tingkatan, yaitu nilai 1- 5 untuk nilai sangat tidak suka sampai sangat suka. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan daya terima minuman cendol berdasarkan persentase penambahan bubur kulit buah naga. Cendol yang paling disukai oleh konsumen adalah cendol dengan persentase penambahan kulit buah naga sebanyak 20%. ***** Cendol or chilled coconut milk is one of Indonesian traditional beverages made from rice flour, hunkue flour and sago palm starch that is rich of carbohydrates. This study aimed at identifying customers‟ acceptance on dragon fruit‟s peel addition in cendol production. This study was carried out from September 2011 to January 2012 the Food processing Laboratory of the Food and Nutrition study Program, Home Economics Department, Faculty of Technology, Universitas Negeri Jakarta. Population of this experimental study was cendol with dragon fruit‟s peel addition and samples of this study were cendol with different proportion of dragon fruit‟s peel addition of 20%, 25% and 30%. Organoleptic test was performed by five trained panelists and one hundred somewhat trained panelists to rate the cendol in terms of flavor, color, aroma, and texture aspect. The instrument used was hedonic scale quality control with five point scale in which one represents „least favored‟ and five represent „most favored‟. Results of this study signify that customers‟ acceptance to cendol differbase on the proportion of dragon fruit‟s peel addition. The most favorable is that one added with 20% dragon fruit‟s peel in proportion with the primary ingredients

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Yati Setiati M ; 2). Dr. Ir. Mahdiyah, M. Kes
Subjects: Tata Rias > Tata Boga
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2022 02:39
Last Modified: 22 Sep 2022 02:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36318

Actions (login required)

View Item View Item