EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA SLIDE SHOW UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM MENULIS KARANGAN SEDERHANA PADA SISWA KELAS XI DI SMA N 1 TAJUR HALANG BOGOR

GEYS SORAYA, . (2013) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA SLIDE SHOW UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM MENULIS KARANGAN SEDERHANA PADA SISWA KELAS XI DI SMA N 1 TAJUR HALANG BOGOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB IV.pdf

Download (612kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (132kB)
[img] Text
bab II.pdf

Download (296kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (64kB)
[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (172kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (195kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (54kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan yang mempelajari bahasa Jepang di SMA N 1 Tajur Halang Bogor dalam menulis karangan sederhana. Kegiatan menulis karangan sederhana bagi siswa dirasa sulit dan membosankan. Hasil yang diperoleh dari observasi awal, kegiatan menulis karangan sederhana siswa tidak memuaskan. Oleh karena itu diperlukan salah satu cara untuk mengatasi permasalahan dalam kegiatan menulis karangan sederhana tersebut. Salah satu cara tersebut adalah dengan digunakannya media slide show. Penggunaan media ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis karangan sederhana di dalam pelajaran bahasa Jepang. Media ini juga diharpkan mampu mengatasi rasa bosan siswa sehinga siswa bisa lebih aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan media slide show dalam pembelajaran bahasa Jepang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif true experimental design. Sampel berjumlah 42 orang yaitu siswa kelas XI IPS 2 dan XI IPS 3. Masing-masing kelas berjumlah 21 orang dan terbagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan angket. Tes berupa postes yang dilakukan 1 kali, yaitu tes menulis. Setelah dilakukan penghitungan penilaian diketahui nilai rata-rata postes kelas eksperimen sebesar 77 dan nilai rata-rata postes kelas kontrol sebesar 59. Setelah dilakukan uji-t diketahui nilai t-hitung lebih besar daripada nilai t-tabel ( 4,59 > 2,04 ), dengan demikian Ho ditolak dan Hk diterima sehingga diketahui bahwa terdapat efektivitas penggunaan media slide show untuk meningkatkan hasil belajar menulis karangan sederhana. Berdasarkan pengolahan data angket, diketahui bahwa media slide show membantu siswa dalam menulis karangan sederhana menjadi lebih baik. Siswa merasa termotivasi dengan kegiatan menulis karangan sederhana dengan penggunaan media slide show dalam pembelajaran. Dengan demikian, kegiatan menulis karangan sederhana dapat dikatakan meningkatkan hasil menulis karangan sederhana.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Komara Mulya, M. Ed ; 2). Frida Philiyanti, M. Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2022 06:13
Last Modified: 22 Sep 2022 06:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36326

Actions (login required)

View Item View Item