BAHASA GURU UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS YANG MENYENANGKAN DI SEKOLAH DASAR

DEWI NATALIA, . (2013) BAHASA GURU UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS YANG MENYENANGKAN DI SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
CHAPTER 1.pdf

Download (163kB)
[img] Text
CHAPTER 2.pdf

Download (152kB)
[img] Text
CHAPTER 4.pdf

Download (375kB)
[img] Text
CHAPTER 3.pdf

Download (112kB)
[img] Text
CHAPTER 5.pdf

Download (107kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (115kB)

Abstract

Tujuan utama pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing untuk siswa sekolah dasar yaitu untuk memperkenalkan bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan. Bahasa guru memiliki peranan dalam menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan bahasa guru yang dapat membantu siswa sekolah dasar dalam belajar bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan. Bahasa guru dan siwa yang muncul selama berinteraksi dalam pembelajaran bahasa Inggris di kelas ditranskripsikan dan dianalisis dengan menggunakan giliran Initiation-Response�Follow-up (IRF) untuk menghitung frekuensi giliran berbicara guru dan siswa pada interaksi di kelas. Selanjutnya, teori fungsi interpersonal digunakan untuk mengungkapkan maksud dan fungsi bahasa guru dan siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa dari 3421 ungkapan: 2094 ungkapan guru dan 1327 ungkapan murid, ucapan guru 96% memiliki fungsi untuk memulai. Sebanyak 829 ungkapan guru berfungsi untuk memberikan perintah, 520 ungkapan berfungsi untuk bertanya kepada siswa, 182 ungkapan berfungsi untuk memberikan pernyataan, dan 28 ungkapan berfungsi untuk menawarkan sesuatu kepada siswa. Selanjutnya, 41% ucapan siswa berfungsi untuk melakukan tindakan yang diperintahkan oleh guru. Dalam pembelajaran bahasa Inggris yang menyenangkan, bahasa guru yang menunjang pembelajaran terdapat dalam fungsi untuk memulai dan bahasa tersebut juga berfungsi untuk memberikan perintah kepada siswa dalam kegiatan yang disukai siswa yaitu, permainan. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa guru dapat mengaplikasikan permainan sebagai salah satu kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan dapat menggunakan bahasa guru yang berfungsi untuk memberikan perintah untuk menunjang pembelajaran tersebut. ***** Tujuan utama pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing untuk siswa sekolah dasar yaitu untuk memperkenalkan bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan. Bahasa guru memiliki peranan dalam menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan bahasa guru yang dapat membantu siswa sekolah dasar dalam belajar bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan. Bahasa guru dan siwa yang muncul selama berinteraksi dalam pembelajaran bahasa Inggris di kelas ditranskripsikan dan dianalisis dengan menggunakan giliran Initiation-Response�Follow-up (IRF) untuk menghitung frekuensi giliran berbicara guru dan siswa pada interaksi di kelas. Selanjutnya, teori fungsi interpersonal digunakan untuk mengungkapkan maksud dan fungsi bahasa guru dan siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa dari 3421 ungkapan: 2094 ungkapan guru dan 1327 ungkapan murid, ucapan guru 96% memiliki fungsi untuk memulai. Sebanyak 829 ungkapan guru berfungsi untuk memberikan perintah, 520 ungkapan berfungsi untuk bertanya kepada siswa, 182 ungkapan berfungsi untuk memberikan pernyataan, dan 28 ungkapan berfungsi untuk menawarkan sesuatu kepada siswa. Selanjutnya, 41% ucapan siswa berfungsi untuk melakukan tindakan yang diperintahkan oleh guru. Dalam pembelajaran bahasa Inggris yang menyenangkan, bahasa guru yang menunjang pembelajaran terdapat dalam fungsi untuk memulai dan bahasa tersebut juga berfungsi untuk memberikan perintah kepada siswa dalam kegiatan yang disukai siswa yaitu, permainan. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa guru dapat mengaplikasikan permainan sebagai salah satu kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan dapat menggunakan bahasa guru yang berfungsi untuk memberikan perintah untuk menunjang pembelajaran tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Bahasa dan Kesusastraan > Tata Bahasa Inggris
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2022 06:17
Last Modified: 22 Sep 2022 06:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36333

Actions (login required)

View Item View Item