KAJIAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR

NANDA SAPTA GHIFARI, . (2022) KAJIAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (435kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (737kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (535kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pelaksanaan pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran IPA siswa kelas tinggi sekolah dasar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah studi kepustakaan. Berdasarkan data yang telah dianalisis dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran IPA siswa kelas tinggi sekolah dasar dilaksanakan secara dalam jaringan menggunakan sarana aplikasi grup Whatsapp, zoom meeting, dan siaran televisi nasional. Pada pelaksaanannya terdapat dua faktor yaitu faktor pendukung dan penghambat yang memengaruhi tingkat keefektifan belajar siswa. Faktor pendukung tersebut yaitu: 1) Penggunaan media pembelajaran variatif, 2) Penerapan model pembelajaran variatif, 3) Pendampingan orang tua. Faktor penghambat tersebut yaitu: 1) Buruknya kualitas jaringan internet, 2) Fasilitas yang kurang memadai, 3) Gaya mengajar guru yang monoton, 4) Kurangnya pemanfaat media pembelajaran. Pelaksanaan PJJ juga mempunyai kaitan terhadap implementasi pembelajaran abad 21 terhadap perkembangan era society 5.0. yaitu sebagai bentuk implementasi model pembelajaran berbasis Information, Communication and Technology (ICT). Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Pembelajaran Jarak Jauh, Pembelajaran abad 21, Society 5.0. This study aims to examine the implementation of distance learning in science subjects for upper-grade elementary school students. The method used in this study is a literature study. Based on the data that has been analyzed, it can be concluded that the implementation of distance learning in science subjects for upper-grade elementary school students is carried out online using the means of the Whatsapp group application, zoom meetings, and national television broadcasts. In its implementation, there are two factors, namely supporting and inhibiting factors that affect the level of effectiveness of student learning. These supporting factors are: 1) The use of varied learning media, 2) Application of varied learning models, 3) Parental assistance. These inhibiting factors are: 1) Poor quality of the internet network, 2) Inadequate facilities, 3) Monotonous teacher teaching style, 4) Lack of utilization of learning media. The implementation of this learning also has a relationship with the implementation of 21st century learning to the development of the society 5.0 era. namely as a form of implementation of an Information, Communication and Technology (ICT) based learning model. Keywords: Online Learning, Distance Learning, 21th century learning, Society 5.0

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Tunjungsari Sekaringtyas, M.Pd. 2). Prof.Dr. M.S. Sumantri, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 16524 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2022 04:32
Last Modified: 23 Sep 2022 04:32
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36356

Actions (login required)

View Item View Item