PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN PPKN KELAS V SEKOLAH DASAR

YOSI WULANDARI, . (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN PPKN KELAS V SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (999kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (431kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (886kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (783kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (593kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Elektronik Berbasis Project Based Learning (PjBL) sebagai penunjang materi pada pembelajaran PPKn kelas V Sekolah Dasar (SD) serta dapat mengetahui kelayakan dari LKPD elektronik berbasis PjBL yang dikembangkan. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Kramat Pela 07 sebanyak 33 orang. Jenis metode yang digunakan adalah penelitian model ADDIE yang terdiri atas analysis, design, development, implementation, dan evaluation dengan menggunakan teknis analisis berupa observasi, wawancara dan kuesioner. Analisis data pada penelitian ini diperuntukan untuk mengetahui kelayakan LKPD elektronik berbasis PjBL menggunakan rating scale untuk mengolah data mentah berupa angka ke dalam pengertian kualitatif. Uji coba produk terdiri atas uji one-to-one dengan hasil nilai sebesar 97.5% yang termasuk kategori sangat layak, uji small group mendapat nilai sebesar 98% dengan kategori sangat baik, dan uji field test yang mendapat nilai sebesar 98.4% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil validasi oleh para ahli dan uji pengguna makan LKPD elektronik berbasis PjBL layak digunakan di dalam pembelajaran PPKn kelas V SD. ***** This research and development aim to produce teaching materials in the form of Electronic Student Worksheets (LKPD) based on Project Based Learning (PjBL) as supporting material for PPKn learning for class V Elementary Schools (SD) and to determine the feasibility of the developed PjBL-based electronic LKPDs. The sample in this study was 33 students of class V SDN Kramat Pela 07. The type of method used is the ADDIE model research which consists of analysis, design, development, implementation, and evaluation using technical analysis in the form of observation, interviews, and questionnaires. Data analysis in this study is intended to determine the feasibility of PjBL-based electronic LKPD utilizing a rating scale to process raw data in the form of numbers in a qualitative sense. One-to-one test with a score of 97.5% which is included in the very feasible category, a small group test got a score of 98% in an excellent category, and a test field test got a score of 98.4% in the very good category. Based on the results of validation experts and user tests, the PjBL-based electronic LKPD is suitable for use in PPKn Learning for fifth-grade elementary schools.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Otib Satibi Hidayat, M.Pd. ; 2). Dra. Yetty Auliaty, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 16518 not found.
Date Deposited: 26 Sep 2022 03:03
Last Modified: 26 Sep 2022 03:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36400

Actions (login required)

View Item View Item