KEHIDUPAN PEREMPUAN ALJAZAIR DALAM KUMPULAN CERITA PENDEK (CERPEN) FEMMES D’ALGER DANS LEUR APPARTEMENT KARYA ASSIA DJEBAR

SISCA ITASARI, . (2013) KEHIDUPAN PEREMPUAN ALJAZAIR DALAM KUMPULAN CERITA PENDEK (CERPEN) FEMMES D’ALGER DANS LEUR APPARTEMENT KARYA ASSIA DJEBAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (71kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (214kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (144kB)
[img] Text
Abstrak, Resume, dan Kata Pengantar.pdf

Download (483kB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan dalam skripsi ini bertujuan untuk mendapatkan gelar Sarjana Pendidikan Bahasa Prancis, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kehidupan perempuan muslim di salah satu negara francophone yaitu Aljazair yang dijadikan sebagai latar belakang terbentuknya kumpulan cerpen Femmes d’Alger dans Leur Appartement. Sumber data pada penelitian ini adalah tujuh cerita yang terdapat dalam cerpen Femmes d’Alger dans leur appartement. Cerita tersebut antara lain La nuit du récit de Fatima, Femmes d’Alger dans leur appartement, La femme qui pleure, Il n’y a pas d’exil, Les morts parlent, Jour de Ramadhan dan Nostalgie de la horde Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode analisis isi Krippendorff yang bertujuan untuk memaparkan kenyataan kehidupan tokoh-tokoh perempuan dalam kumpulan cerpen Assia Djebar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya ketidakadilan yang dialami para perempuan Aljazair baik dalam kehidupan sosial maupun kehidupan berumah tangga. Ketidakadilan ini terjadi karena adanya perbedaan peran antara laki-laki dan perempuan. Dalam kebudayaan masyarakat Aljazair, laki-laki memegang kekuasaan yang lebih besar daripada perempuan. Hal ini membuat para perempuan merasa dibatasi dan terkekang dari kehidupan sosialnya. Ketidakadilan ini berupa ketidakhadiran perempuan di ruang publik, pernikahan di usia muda dan kepasifan perempuan dalam memberikan pendapat. Assia Djebar menjadikan pengamatannya terhadap kaum perempuan sebagai latar belakang dalam pembuatan cerpen Femmes d’Alger dans Leur Appartement. Hal ini menjelaskan bahwa karya sastra dapat dianggap sebagai cerminan kehidupan masyarakat, yang dapat dijadikan sebagai dokumen sosial budaya dan dapat menangkap realitas atau sejarah dari masa tertentu. Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat untuk mahasiswa Jurusan Bahasa Prancis dalam memberikan referensi skripsi yang berkaitan dengan dunia kesusasteraan khususnya kesusasteraan Prancis dengan melihat karya sastra sebagai cerminan sosial atau refleksi zaman saat karya tersebut dibuat. Pada akhirnya disarankan bagi mahasiswa Jurusan Bahasa Perancis yang akan melakukan penelitian untuk melakukan penelitian lanjutan dengan meneliti karya Assia Djebar yang lain seperti roman, film, dan teater.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Sulandri Nuryadin, M. Pd ; 2). Dr. Ninuk Lustyantie, M. Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Perancis
Bahasa dan Kesusastraan > Sastra Perancis
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 26 Sep 2022 06:31
Last Modified: 26 Sep 2022 06:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36438

Actions (login required)

View Item View Item