PENGARUH LITERASI KEUANGAN, NORMA SUBJEKTIF, DAN SIKAP TERHADAP NIAT MENABUNG MAHASISWA PENDIDIKAN DI JABODETABEK

PANGESTIKA CHANDRA DEWI, . (2022) PENGARUH LITERASI KEUANGAN, NORMA SUBJEKTIF, DAN SIKAP TERHADAP NIAT MENABUNG MAHASISWA PENDIDIKAN DI JABODETABEK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (828kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (299kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (266kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (841kB) | Request a copy

Abstract

Menabung seringkali dilakukan seseorang untuk mempersiapkan dana atau uang kebutuhan di waktu yang akan datang sesuai keinginan, harapan dan kebutuhan orang tersebut. Menabung juga sangat penting dilakukan oleh anak muda, terutama bagi mereka yang telah mengerti dan paham cara mengatur uang. Salah satunya adalah para mahasiswa dimana mereka mulai harus hidup mandiri terpisah dengan orang tua, dan harus dapat memenuhi kebutuhan mereka sendiri. Penelitian ini menguji pengaruh literasi keuangan, norma subjektif, dan sikap terhadap niat menabung mahasiswa pendidikan di Jabodetabek. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan di Indonesia dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan di Jabodetabek, dan pengambilan sampel dilakukan melalui kuesioner online. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa variable norma subjektif mempengaruhi sikap untuk menabung, hasil pengujian menunjukkan bahwa model yang digunakan untuk penelitian ini diterima. Dan variabel sikap untuk menabung mempengaruhi niat untuk menabung mahasiswa, hasil pengujian menunjukkan bahwa model yang digunakan untuk penelitian ini diterima. Saving is often done by someone to prepare funds or money needs in the future according to the wishes, hopes and needs of the person. Saving is also very important for young people, especially for those who already understand and understand how to manage money. One of them is the students where they begin to have to live independently apart from their parents, and must be able to meet their own needs. This study examines the effect of financial literacy, subjective norms, and attitudes on the saving intention of education students in Jabodetabek. This research uses quantitative research. The population in this study were education students in Indonesia and the sample used in this study were education students in Jabodetabek, and the sampling was done through an online questionnaire. The results of this study found that the subjective norm variable affects the attitude to saving, the test results show that the model used for this study is accepted. And the attitude variable for saving affects students' intention to save, the test results show that the model used for this study is accepted.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1 Dr. Umi Widyastuti, S.E., M.Si. Dosen Pembimbing 2 Muhammad Yusuf, SE., M.M.
Subjects: Manajemen > Manajemen , Business
Manajemen > Pendidikan, Riset Penelitian Bisnis
Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 16180 not found.
Date Deposited: 28 Sep 2022 06:37
Last Modified: 28 Sep 2022 06:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36477

Actions (login required)

View Item View Item