PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SENI DENGAN MATERI TARI BERKONSEP KAULINAN BARUDAK DI SAUNG ANGKLUNG UDJO

RATNA ARIYANI, . (2011) PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SENI DENGAN MATERI TARI BERKONSEP KAULINAN BARUDAK DI SAUNG ANGKLUNG UDJO. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (130kB)
[img] Text
cover skripsi.pdf

Download (44kB)
[img] Text
isi skripsi.pdf

Download (845kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pembentukan kepribadian pada anak usia Sekolah Dasar melalui pendekatan pembelajaran seni dengan materi tari kaulinan barudak. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran seni melalui materi kaulinan barudak terhadap pembentukan kepribadian pada anak Usia Sekolah Dasar. Diharapkan dengan terselenggaranya penelitian ini memberikan inspirasi terhadap para pengajar seni untk lebih mengoptimalkan proses pembelajaran seni dengan menggunakan pendekatan pembelajaran seni. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dilakukan di sanggar Saung Angklung Udjo. Data yang ada pada penelitan ini diperoleh melalui proses wawancara, observasi dan kajian dokumentasi. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori pendekatan pembelajaran seni dengan konsep kaulinan barudak. Data yang telah didapat dianalisis dengan teknik pengkodeandan memperbanyak referensi. Untuk mengecek keabsahan data dilakukan perbandingan antara referensi dan data terkait. Penggunaan pendekatan pembelajaran seni pada proses tari, terlebih dahulu dijelaskan apa yang dimaksud dengan pendekatan pembelajaran, jenis-jenis dan fungsi dari pendekatan-pendekatan pembelajaran tersebut terhadap pembentukan kepribadian diri. Setelah itu menjelaskan bagaimana bentuk dan proses pembelajaran tari kaulinan barudak dalam membentuk kepribadian anak di Saung Angklung Udjo. Berdasarkan data maka diketahui, bahwa teori pembelajaran memiliki pengaruh terhadap pembentukan kepribadian pada anak usia Sekolah Dasar, akan tetapi pendekatan pembelajaran memilki manfaat yang optimal sebagai pembentuk kepribadian apabila didukung dengan materi pembelajaran yang sesuai dengan pendekatan pembeljaran tersebut. Dengan demikian, materi kaulinan barudak dapat membentuk kepribadian pada anak usia Sekolah Dasar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran seni ***** This research learn about the Forming of personality at Elementary School Age’s children through Art Learning Approach by dance of kaulinan baridak. The aim of reserch application is to know the influence art learning approach through dance material of kaulinan barudak to the forming of personality at Elementary School age’s children. It is expected this research application giving the inspiration to the art teachers in order to optimize the process of art learning by using art learning approach. This research uses the qualitative method which is done at Saung Angklung Udjo Gallery. The data in the research is obtained through interview process, observation, and documentation study. The research uses art learning approach theory with dance concept of kaulinan barudak. After getting the data, it is analyzed by coding technique and increasing reference. To cheque the validity of data is done through comparison between reference and linked data. The usage art learning approach at the dance learning process of kaulinan barudak, it is for the first to explain what the aim of learning approach, kinds an function of learning approaches to the forming of prsonality. After that, it explains how the form and learning process of kaulinan barudak in forming children personality at Saung Angklung Udjo. Based on the data if is know, that the learning theory has influence to the personality of Elementary School age’s children, but learning approach has optimum benefitas the forming of personality if it is supported by lesson material which is according with learning approach. For this case, the dance material of kaulinan barudak can form the personality at Elementary School age by using art learning approach

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dinny Devi Triana, S.Sn. ,M.Pd. ; 2). Didin Supriadi, S.Sen, M.Pd.
Subjects: Kesenian > Seni Tari
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Tari
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 29 Sep 2022 03:22
Last Modified: 29 Sep 2022 03:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36496

Actions (login required)

View Item View Item