HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) (Penelitian Korelasi Pada Siswa Kelas V SDN Kedaung Kaliangke Jakarta Barat)

IKA OKTAVIANI, . (2013) HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) (Penelitian Korelasi Pada Siswa Kelas V SDN Kedaung Kaliangke Jakarta Barat). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
013. BAB II.pdf

Download (552kB)
[img] Text
015. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
016. BAB V.pdf

Download (94kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (14kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (69kB)
[img] Text
014. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (20kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara konsep diri siswa dan motivasi belajar siswa dengan hasil belajar IPA siswa di Sekolah Dasar Negeri Kedaung Kaliangke 03 Pagi Jakarta Barat Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kedaung Kaliangke 03 Pagi Jakarta Barat, dengan subyek penelitian siswa kelas v yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini menggunakan penelitian metode kuantitatif untuk mengetahui sejauh mana hubungan yang belum terjadi antara konsep diri siswa dan motivasi belajar siswa dengan nilai hasil belajar IPA siswa di kelas v. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif antara variabel konsep diri sebagai variabel X1 dan variabel motivasi belajar siswa sebagai variabel X2 dengan variabel hasil belajar IPA siswa SD sebagai variabel Y. Nilai R Square sebesar 0,126, berarti peran atau kontribusi variabel konsep diri siswa dan motivasi belajar siswa mampu menjelaskan variabel hasil belajar IPA siswa sebesar 12,6%. Implikasi dari penelitian ini mengindikasikan bahwa hasil belajar IPA siswa SD dapat mempengaruhi konsep diri siswa dan motivasi belajar siswa. ***** The purpose of the research is to knowing the relation correlations between the self concept student and the motivation of learning student with the result of learning sains in the elementary school of government Keduang Kaliangke 03 West Jakarta. This research done in SDN Kedaung Kaliangke 03 West Jakarta. The subject of this research is the student the grade five with include 30 students. The far away of the research used the quatitative methode to know correlations between the self concept student and the motivation of learning student with the result of learning sains in grade five. The result of the research showing for correlations between the self concept student to be variable X1 and the motivation of learning student to be variable X2 with the result of learning sains to be Y. The score of R Square is 0,126 is meaning the contributions of variable the self concept student and the motivations learning student can explaning about the variable of the result of learning sains is 12,6 %. The Implications of the research to indication about the result of learning sains in elementary school can be impact the the self concept student and the motivation of learning student.

Item Type: Thesis (Magister)
Subjects: Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pend Kependudukan dan Lingkungan Hidup
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 29 Sep 2022 05:53
Last Modified: 29 Sep 2022 05:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36498

Actions (login required)

View Item View Item