REGISTER IN PHOTO CAPTION

DENISA PARAS AYU SARI, . (2011) REGISTER IN PHOTO CAPTION. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
333.pdf

Download (195kB)
[img] Text
222.pdf

Download (470kB)
[img] Text
555555555.pdf

Download (200kB)
[img] Text
CHAPTER IV.pdf

Download (428kB)
[img] Text
jjjj.pdf

Download (243kB)
[img] Text
111.pdf

Download (137kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap konteks situasi (register) pada artikel photo caption. Untuk menunjukkan dan menguraikan konteks situasi dalam artikel tersebut, penulis menggunakan pendekatan Tata Bahasa Fungsional Sistemik dari M.A.K Halliday, dalam bentuk: fungsi ideational untuk menunjukkan isi (Field) artikel, fungsi interpersonal untuk menunjukkan pelibat (Tenor), dan fungsi Tekstual untuk menunjukkan cara (Mode). Konteks situasi di analisis melalui semua klausa pada kedua artikel photo caption untuk menemukan bagaimana strategi penulis dalam mencapai tujuannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa medan wacana kedua artikel tersebut didominasi proses relasional sebanyak 51% dari 51 klausa dan diikuti dengan proses material 43% serta proses mental 6%. Kelompok kata kerja yang menunjukkan kualifikasi dan identifikasi dalam proses relasional seperti be, shines, dan goes for. Kelompok kata kerja digunakan kerena fungsi utama photo caption adalah mendeskripsikan dan mengidentifikasikan. Dominasi kedua oleh proses material menunjukkan fungsi lain dari kedua artikel ini. Kata-kata yang bersifat aksi dan persuasive dalam proses material seperti works, injects, pairs, adding, brightens up, gives, dan throws in, digunakan untuk memanipulasi pembaca untuk tertarik pada objek wanita dalam foto dan akhirnya membeli benda fesyen yang dikenakan mereka. Dominasi objek wanita dalam partisipan menunjukkan focus penulis terhadap objek wanita. Kemudian, pelibat wacana pada artikel photo caption menunjukkan bahwa status penulis dan pembaca setara. Status tersebut dibuktikan dengan dominasi klausa deklaratif sebanyak 97,6% dari 41 klausa. Penulis memposisikan dirinya sebagai penyedia informasi kepada pembaca. Dominasi sikap subjektif penulis yang positif terhadap objek wanita yang digambarkannya menunjukkan perasaan positif terhadap objek wanita dalam foto sehingga pembaca tertarik dengan mereka. Kemudian, sarana wacana pada artikel menunjukkan bahwa tema dominan dalam photo caption adalah tema topikal. Tema tipokal tersebut kebanyakan didominasi oleh partisipan yang merepresentasikan objek wanita seperti pada Tomei, she, the fabulous fembot, dan lainnya. Dominasi ini menunjukkan posisi objek wanita sebagai pesan utama yang menjadi pembahasan dalam artikel tersebut. Ciri khas dari artikel photo caption ini tertulis seprti penggunaan kata benda yang familiar dan singkat untuk memudahkan pembaca mengerti. Struktur proses, struktur Mood, dan struktur tematik menunjukkan bahwa photo caption dalam kedua artikel ini cenderung mempromosikan objek wanita, benda fesyen, serta film mereka yang mendapat penghargaan. Menginformasikan keunggulan-keunggulan ketiga hal tersebut digunakan untuk vii memperhalus strategi promosi penulis. Hal ini diperkuat dengan klausa imperative yang merupakan klausa kondisional yang menegaskan secara implicit bahwa jika pembaca ataupun objek memiliki benda fesyen yang disebut (trench coat) mereka bisa bergaya kemana pun. Singkatnya, register pada photo caption ini menandakan strategi pemasaran yang membutuhkan kreatifitas penulis untuk mencipatakan photo caption yang sukses dan menarik demi mencapai tujuannya. ***** The aim of this research is to reveal the register of the photo caption articles. To reveal the register, the writer use Systemic Functional Grammar approach by M.A.K Halliday, in the form of ideational function to reveal the Field of discourse, interpersonal function to reveal the tenor, and textual function to reveal the mode of discourse. The register (situational context) is analyzed through all the clauses in two photo caption articles. It is to find the meaning�making strategy used by the articles’ writers to employ their intentions. The result of the research shows that the field of discourse is dominated by relational process which shares 51% of 51 clauses, closely followed by material process 43% and mental process 6%. The verbal groups which show the quality and identity in relational process such as be, shines, and goes for. These kind of verbal groups are used because the main function of a photo caption is to describe and identify what is/are being captured in a photograph. The second domination of material process shows another function of a photo caption. The action and persuasive words in material process such as works, injects, pairs, adding, brightens up, gives, and throws in, are used to manipulate readers in order to be interested in the woman objects and their fashion items and finally make decision to purchase the items. The domination of the woman objects in participant analysis shows the writers’ focus of attention to the woman objects. The tenor of discourse shows that the equal status between the writers and the readers. It is realized by the dominant usage of declarative clause which shares 97,6% of 41 clauses. The writers positioned themselves to be the provider of the information. The domination of the writers’ subjective attitudes toward the woman objects shows the writers’ positive feeling toward the woman objects they describe, so that the readers interested with them. Next, the mode of discourse shows that the dominant theme in the photo caption articles is Topical theme. The topical themes are mostly dominated by the participants who represent the woman objects such as Tomei, she, the fabulous fembot, and the like. This indicates that the woman objects are positioned as the main focus in those articles. The typical features of written such as the usage of simple and familiar nominal groups to maintain high readability and make the readers easy to understand. The process structure, Mood structure, and Theme structure shows that photo captions in these two articles tend to promote the woman objects, their fashion items, and their movies. Inform the advantages of those three things are used to soften the writers’ promoting strategy. This is supported by the use of the imperative clause which is a conditional clause that implicitly insists that if the readers and the woman objects have the thing the ix writers’ suggest (trench coat), they will able to go everywhere with style. In short, the register of the photo caption articles signify the marketing concept which needs the writers’ creativity to create creative and effective photo caption.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Siti Wachidah, Ph. D
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Bahasa dan Kesusastraan > Tata Bahasa Inggris
Bahasa dan Kesusastraan > Sastra Inggris
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 29 Sep 2022 05:55
Last Modified: 29 Sep 2022 05:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36501

Actions (login required)

View Item View Item