PEMBELAJARAN SENI TARI BAGI SISWA TUNARUNGU DI SLBN 02 JAKARTA (Studi Deskriptif Kualitatif di SLBN 02 Jakarta)

VINKA ERAWATI, . (2018) PEMBELAJARAN SENI TARI BAGI SISWA TUNARUNGU DI SLBN 02 JAKARTA (Studi Deskriptif Kualitatif di SLBN 02 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (130kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (138kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (158kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (61kB)
[img] Text
9. BAB 1.pdf

Download (146kB)
[img] Text
13. BAB 5.pdf

Download (95kB)
[img] Text
10. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[img] Text
11. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img] Text
12. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB)
[img] Text
15. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (854kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi dan data yang mendalam mengenai pembelajaran seni tari bagi siswa tunarungu di SLBN 02 Jakarta yang meliputi aspek perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data yang dilakukan yaitu teknik observasi, teknik wawancara, dan dokumen. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebelum memulai kegiatan pembelajaran guru terlebih dahulu membuat program perencanaan tahunan. Materi yang diberikan yakni tari kreasi yang disesuaikan dengan kemampuan siswa. Metode yang digunakan dalam pembelajaran seni tari bagi siswa tunarungu adalah metode demonstrasi dan metode drill. Bentuk komunikasi yang digunakan selama pembelajaran adalah oral dan isyarat alami. Evaluasi dilakukan dengan menggunakan tes tindakan. Peneltian ini berimplikasi terhadap siswa tunarungu dapat mengembangkan minat dan bakatnya, serta menumbuhkan rasa percaya diri. Selain itu penelitian ini juga berimplikasi pada pertimbangan dalam mengembangkan rancangan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran seni tari bagi siswa tunarungu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Siti Nuraini P., M.Sp.Ed 2) Mohammad Arief Taboer, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 20 Feb 2020 14:09
Last Modified: 20 Feb 2020 14:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3662

Actions (login required)

View Item View Item