PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI WILAYAH JAKARTA TIMUR II

DIMAS BAGUS WICAKSONO, . (2022) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI WILAYAH JAKARTA TIMUR II. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf.pdf

Download (223kB)
[img] Text
BAB 2.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3_pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (198kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Untuk meningkatkan mutu pendidikan dan melihat kinerja guru, pemerintah menyelenggrakan UKG yang diikuti oleh seluruh guru di DKI Jakarta. Hasil dari UKG tersebut, guru SD negeri wilayah JT2 memperoleh nilai terkecil dengan 60.52. berdasarkan data tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan positif langsung kepemimpinan kepala sekolah (X1) dan motivasi kerja (X2) terhadap kinerja guru (Y) di sekolah yang dipimpin. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan menggunakan teknik sebar angket. Dengan menggunakan sampling fraction per cluster, diperoleh responden sebanyak 150 guru dari jumlah populasi seluruhnya 4816 guru se-JT2. Setelah melakukan analisis dengan menggunakan sitem SPSS 16.0 dapat terlihat bahwa terdapat pengaruh langsung antara X1 terhadap Y memiliki hasi lregresi nilai F 62,888 nilai sig. 0,000<0,05. X2 terhadap Y hasil regresi nilai F 77,131, nilai sig. 0,000<0,05, dan variabel X1 terhadap X2 hasil regresi nilai F 147,140, nilai sig. 0,000<0,05. X1 berpengaruh langsung terhadap Y sebesar 29,3%, X2 terhadap Y sebesar 33,8%, dan X1 terhadap Y sebesar 49,5%. Kata Kunci: UKG, Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Kinerja Guru ********** ABSTRACT To improve the quality of education and see the performance of teachers, the government held a UKG which was attended by all teachers in DKI Jakarta. As a result of the UKG, public SD teachers in the JT2 region received the lowest score with 60.52. Based on these data, the purpose of this study was to determine the direct positive relationship of principal leadership (X1) and work motivation (X2) on teacher performance (Y) in the school being led. The research method used is descriptive quantitative using the questionnaire scatter technique. By using sampling fraction per cluster, it was obtained that 150 teachers were respondents from a total population of 4816 teachers throughout JT2. After analyzing using the SPSS 16.0 system, it can be seen that there is a direct influence between X1 and Y which has a regression result of the F value of 62.888 sig. 0.000 <0.05. X2 to Y regression results F value 77.131, the value of sig. 0.000 <0.05, and variable X1 to X2 regression results with F value 147.140, sig. 0.000<0.05. X1 has a direct effect on Y by 29.3%, X2 for Y by 33.8%, and X1 for Y by 49.5%. Keywords: UKG, Leadership, Work Motivation, Teacher Performance

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Neti Karnati, M.Pd. ; 2). Dr. Nurjannah M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: PASCASARJANA > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 16675 not found.
Date Deposited: 15 Dec 2022 02:07
Last Modified: 15 Dec 2022 02:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36684

Actions (login required)

View Item View Item