PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KESULITAN BELAJAR SISWA SMK GITA KIRTTI 2 JAKARTA

NURIDZUL, . (2022) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KESULITAN BELAJAR SISWA SMK GITA KIRTTI 2 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (750kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (320kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap kesulitan belajar pada siswa SMK Gita Kirtti 2 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah 312 siswa SMK Gita Kirtti 2 Jakarta. Berdasarkan rumus Slovin maka jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 175 responden. Untuk pengolahan data, Peneliti mengolah kuesioner dengan menggunakan skala likert. Variabel Kesulitan belajar (Y), Lingkungan keluarga (X1), dan Lingkungan sekolah (X2) merupakan data primer yang berbentuk kuesioner penelitian. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan program SPSS versi 25.0 dimulai dengan mencari uji persyaratan analisis dengan menggunakan uji normalitas Kolgomorov-Smirnov dengan hasil signifikansi kesulitan belajar sebesar 0,086, lingkungan keluarga sebesar 0,095, dan lingkungan sekolah sebesar 0,200. Lalu menggunakan uji linearitas dengan nilai signifikansi pada linearity lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah sebesar 0,000. Uji asumsi klasik dengan menggunakan uji heteroskedastisitas dalam uji Spearman rho dengan nilai signifikansi variabel lingkungan keluarga sebesar 0,832 dan lingkungan sekolah sebesar 0,968. Uji multikolinearitas variabel lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah memiliki nilai tolerancre 0,993 dan nilai VIF sebesar 1,007. Uji f bernilai 22.319. dan uji T pada variabel lingkungan kluarga sebesar -4,086 dan variabel lingkungan sekolah sebesar -3,963. Hasil persamaan regresi berganda adalah sebagai berikut Ŷ = 45,014 – 0,422X1 – 0,429X2, dari persamaan tersebut pengaruh dari lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap kesulitan belajar memliliki pengaruh dengan arah negatif dan signifikan. Hasil koefisien determinasi (R2) adalah 0,626 yang mengartikan bahwa tingkat pengaruh dari lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap kesulitan belajar termasuk pada klasifikasi sangat kuat. Kata Kunci: Lingkungan keluarga, Lingkungan sekolah, Kesulitan belajar ********* ABSTRACT The purpose of this study was to determine the effect of the family environment and school environment on learning difficulties in students of SMK Gita Kirtti 2 Jakarta. The research method used is a survey method with a descriptive approach. The population in this study were 312 students of SMK Gita Kirtti 2 Jakarta. Based on the Slovin formula, the number of samples in this study was 175 respondents. For data processing, the researcher processed the questionnaire using a Likert scale. The variables of learning difficulties (Y), family environment (X1), and school environment (X2) are primary data in the form of a research questionnaire. The data analysis technique used multiple linear regression with the SPSS version 25.0 program, starting with looking for a requirements analysis test using the Kolgomorov-Smirnov normality test with the results of the significance of learning difficulties of 0.086, the family environment of 0.095, and the school environment of 0.200. Then use the linearity test with a significance value on the linearity of the family environment and school environment of 0.000. Classical assumption test using heteroscedasticity test in the Spearman rho test with a significance value of the family environment variable of 0.832 and the school environment of 0.968. The multicollinearity test of family and school environment variables has a tolerance value of 0.993 and a VIF value of 1.007. The f test is worth 22,319. and the T test on the family environment variable is -4.086 and the school environment variable is -3.963. The results of the multiple regression equation are as follows Ŷ = 45,014 – 0,422X1 – 0,429X2, from the equation the influence of the family environment and school environment on learning difficulties has a negative and significant effect. The result of the coefficient of determination (R2) is 0.626 which means that the level of influence of the family environment and school environment on learning difficulties is included in the very strong classification. Keywords: family environment, school environment, learning difficulties

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Widya Parimita, SE.,MPA ; 2). Suherdi, S.Pd., S.H.,M.M.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 16685 not found.
Date Deposited: 15 Dec 2022 02:11
Last Modified: 15 Dec 2022 02:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36691

Actions (login required)

View Item View Item