EVALUASI PROGRAM LAYANAN MEDIASI DI KPAI (KOMISI PERLINDUNGAN ANAK INDONESIA)

RAKHMAD PARULIAN, . (2022) EVALUASI PROGRAM LAYANAN MEDIASI DI KPAI (KOMISI PERLINDUNGAN ANAK INDONESIA). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (526kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (553kB)
[img] Text
LAMPIRAN..pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program layanan mediasi di Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Penelitian ini fokus pada divisi layanan mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan model evaluasi yang digunakan adalah disperency evaluation model (DEM), dimana peneliti menganalisis data sesuai dengan tahapan DEM yaitu, desain, instalasi, proses dan produk. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, diskusi, diskusi kelompok data pendukung internal KPAl dan data yang masuk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sub fokus penelitian yang memiliki tingkat ketidaksesuaian yang rendah dan cukup rendah menunjukkan bahwa desain instalasi program sudah baik. Sedangkan subfokus dengan ketidaksesuaian yang cukup tinggi dan tinggi menggambarkan bahwa program pengabdian masyarakat dan mediasi sengketa pelanggaran hak anak di KPAI perlu ditingkatkan secara khusus. Hasil evaluasi ini dapat disimpulkan sebagai berikut: rancangan program pengabdian masyarakat dan mediasi, sengketa anak di KPAI sudah baik. Hal ini tergambar dari rendahnya tingkat kesenjangan. Dasar hukum pelaksanaan program berupa peraturan perundang-undangan, peraturan presiden, peraturan menteri dan peraturan KPAI telah terpenuhi. Instalasi program layanan ini sudah baik. Ini diilustrasikan dari tingkat ketidaksesuaian yang cukup rendah. Pengabdian masyarakat dan mediasi di KPAl sudah berjalan dengan baik. Proses pelaksanaan program layanan mediasi di masyarakat tergambar dari tingkat ketimpangan yang cukup tinggi, ketersediaan struktur organisasi di KPAl belum efektif meningkatkan kualitas layanan dan pelaksanaan tugas dan fungsi dalam struktur tersebut tidak berjalan dengan baik. Produk pelaksanaan jasa mediasi di KPAl tidak berjalan dengan baik, hal ini tergambar dari tingkat ketimpangan yang cukup tinggi, akses layanan yang belum terwujud dan jumlah pengguna jasa yang terus menurun. Rekomendasi : Program ini dilakukan terus jika program ini berjalan dengan baik dan sesuai dengan apa yang diharapkan. Kata kunci : evaluasi program layanan mediasi di KPAI. ********** This research aims to evaluate the mediation services program at the Commission Indonesian Child Protection (KPAI). In this study we focus on mediation services division. This research uses a qualitative approach to the evaluation model used by the disperency evaluation model (DEM), where researchers analyze data in accordance with the dem stages, namely, design, installation, process and product. Data collection was carried out by means of observation, interviews, discussions, discussions of KPAl internal supporting data groups and incoming data. The results showed that the sub-focus of the study that had a low and fairly low discrepancy rate showed that the design of the installation the program is already good. While the subfocus with discrepancy is quite high and high illustrated that community service program and dispute mediation violations of children's rights in KPAI need to be specifically improved. The results of this evaluation can be concluded as followed: design of community service programs and mediation, child disputes in KPAI are good. This is illustrated by the low level of discrepancy. The legal basis for program implementation is in the form of regulations legislation, Presidential regulations, Ministerial Regulations and KPAI regulations has been fulfilled. The installation of this service program is already good. This is illustrated from the level of fairly low discrepancy. Community services and mediation at KPAl already went well. The process of implementing mediation service programs in the community is illustrated from the level of fairly high discrepancy, the availability of organizational structures in KPAl is not effectively improve the quality of service and the execution of tasks and functions in the structure is not going well. The product of the implementation of mediation services in KPAl does not go well, this is illustrated from a fairly high level of discrepancy, access of the service has not yet materialized and the quantity of service users continues to drop.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof.Dr. R. Madhakomala, M.Pd. ; 2). Prof.Dr. Hamidah, SE.,M.Si.
Subjects: Manajemen > Manajemen , Business
Manajemen > Manajemen Kantor, Organisasi
Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia
Divisions: PASCASARJANA > S3 Ilmu Manajemen
Depositing User: Users 16696 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2023 00:49
Last Modified: 18 Jan 2024 23:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36702

Actions (login required)

View Item View Item