SRI NUR AINI, . (2022) PENGARUH PENGGUNAAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) DAN MOTIVASI TERHADAP KOMPETENSI MAHASISWA PPG UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA TAHUN 2021. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (953kB) | Request a copy |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung Penggunaan LMS dan Motivasi terhadap Kompetensi Mahasiswa PPG. Metode yang digunakan adalah pendekatan Kuantitatif survei. Dengan sampel sebanyak 320 yang merupakan Mahasiswa PPG Dalam Jabatan UNJ tahun 2021. Data yang digunakan berupa data primer dan sekunder. Data sekunder diperoleh dari LPTK UNJ berupa nilai UKIN untuk komptensi Mahasiswa. Sedangkan data primer diperoleh dengan menggunakan kuesioner tertutup dan terbuka. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah Path Analysis dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian hipotesis pertama menunjukkan bahwa Penggunaan LMS berpengaruh langsung positif terhadap kompetensi Mahasiswa dengan besar pengaruh 0,325. Pada hipotesis kedua, motivasi berpengaruh langsung positif terhadap kompetensi mahasiswa PPG dengan besar pengaruh 0,313. Selanjutnya, hipotesis ketiga diterima yang berarti Penggunaan LMS berpengaruh langsung positif terhadap motivasi dengan besar pengaruh 0,706. Dan hipotesis ke empat diterima, artinya terdapat pengaruh tidak langsung penggunaan LMS terhadap kompetensi mahasiswa melalui motivasi sebesar 0,221 dengan p-value < 0,05 yang berarti motivasi memiliki peran dalam memediasi penggunaan LMS terhadap kompetensi mahasiswa. Sehingga dapat dikatakan motivasi memiliki peran ganda dalam mempengaruhi kompetensi mahasiswa secara langsung dan tidak langsung. This study aims to determine the direct effect of using LMS and Motivation of PPG Student Competence. The method used is a quantitative survey approach. With a sample of 320 who are PPG Students in Position at UNJ in 2021. The data used is in the form of primary and secondary data. Secondary data was obtained from LPTK UNJ in the form of UKIN scores for student competency. Meanwhile, primary data was obtained using closed and open questionnaires. The data analysis used in this study is Path Analysis with the help of SPSS version 25. The results of the first hypothesis research show that the use of LMS has a positive direct effect on student competence with a magnitude of 0.325. In the second hypothesis, motivation has a direct positive effect on the competency of PPG students with a magnitude of 0.313. Furthermore, the third hypothesis is accepted, which means the use of LMS has a direct positive effect on motivation with a magnitude of 0.706. And the fourth hypothesis is accepted, meaning that there is an indirect effect of using LMS on student competency through motivation of 0.221 with a p-value <0.05 which means motivation has a role in mediating LMS use on student competence. So that it can be said that motivation has a dual role in influencing student competence directly and indirectly.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Siti Nurjanah, SE., M.Si 2). Aditya Pratama, S.Pd., M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Users 16722 not found. |
Date Deposited: | 30 Jan 2023 05:35 |
Last Modified: | 30 Jan 2023 05:35 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36730 |
Actions (login required)
View Item |